Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyerahkan bantuan berupa alat dan teknologi pertanian pada masyarakat di Desa Cisitu, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Selasa (20/9/2022). (FOTO: FANI FERDIANSYAH)
fani ferdiansyah

GARUT, iNews.id - Pemain Suprman Reborn memeriahkan acara Panglima Komando Daerah Militer III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyerahkan bantuan alat dan teknologi pertanian di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Selasa (20/9/2022). Pangdam Siliwangi menyatakan, Kodam Siliwangi berkomitmen mendukung ketahanan pangan di daerah. 

Komitmen itu, kata Pangdam Siliwangi, ditunjukkan TNI dengan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan potensi lokal sebagai alternatif solusi dari persoalan wilayah. 

"Kita dihadapkan dengan tahun-tahun pemilu. Lalu kita juga harus mencegah dampak inflasi. Caranya adalah dengan meningkatkan potensi lokal sebagai alternatif solusi persoalan wilayah. Sebagai upaya lah," kata Pangdam III Siliwangi kepada MNC Portal Indonesia (MPI). 

Dalam melihat potensi itu, ujar Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kodam III Siliwangi pun menggencarkan sejumlah kegiatan silaturahmi ke daerah. Beberapa kegiatan yang telah dibangun adalah dengan mengunjungi unsur pimpinan internal di tubuh TNI dan bersilaturahmi dengan masyarakat. 

"Dalam silaturahmi ke daerah, kami melihat potensi alam yang bisa diberdayakan sebagai peningkatan potensi perekonomian. Keliling ke sejumlah tokoh masyarakat untuk menyerap informasi yang terjadi dan dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri," ujar Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Di Desa Cisitu, Kecamatan Mangbong, Pangdam Siliwangi memberikan dukungan terhadap ketahanan pangan untuk masyarakat setempat. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah dengan memberi bantuan berupa peralatan pertanian modern hingga teknologi pertanian milik Kodam III Siliwangi pada masyarakat. 

"Ada teknologi yang diberikan ke masyarakat, yaitu mengubah tanah atau lahan yang sudah rusak akibat kontaminasi bahan kimia dan kemudian ditinggalkan masyarakat, untuk menjadi subur kembali," tutur Pangdam Siliwangi.

Perwira tinggi TNI AD yang sejak 31 Januari 2022 menjabat Pangdam III Siliwangi itu mengatakan, dampak dari berkurangnya kesuburan tanah mengakibatkan masyarakat mencari unsur hara ke dataran tinggi atau pegunungan. Ia menilai pengolahan lahan di pegunungan berpotensi menimbulkan bencana alam. 

"Makanya kita ajak ke bawah kembali, mengubah lahan yang rusak agar bisa ditanami kembali dengan teknologi yang Kodam III Siliwangi miliki," ucap Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. 

Teknologi itu adalah Mikroba Bios 44 yang dapat mengubah lahan tak produktif menjadi produktif kembali. Teknologi Bios 44 ini juga diklaim dapat dikembangkan di sektor perikanan. 

"Untuk ketahanan pangan, yang jelas peningkatan efisiensi waktu, yang biasanya hasil pertanian sekira 3-4 ton, sekarang bisa naik jadi 6-7 ton. Lalu waktu ikan panen biasanya 4 bulan, sekarang menjadi 2 bulan," ujarnya. 

Dengan demikian, tutur Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, harga komoditas di masyarakat akan rendah. Selain itu tingkat produksi di masyarakat pun menjadi tinggi. "Harga tidak akan mahal, karena masyarakat punya produksi. Intinya masyarakat membutuhkan rolling yang cepat," tutur Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. 

Selain memberikan bantuan berupa alat dan teknologi pertanian, Pangdam III/Siliwangi juga menyerahkan sejumlah perlengkapan ibadah dan kitab suci Al Quran bagi pada santri di wilayah Desa Cisitu, Kecamatan Malangbong. "Kami ingin memberikan sesuatu yang lebih produktif dan beamfaag bagi masyarakat," ucapnya.

Kunjungan Pangdam III Siliwangi ke Malangbong, Garut, itu dilakukan dengan cara touring sepeda motor. Para pemain sinetron Suparman Reborn pun turut memeriahkan pemberian bantuan pada masyarakat. 

Pemain sinetron Suparman Reborn, Asep Mulyana, mengaku kaget Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengunjungi Garut dengan sepeda motor. Pemeran tokoh Bomber itu merasa takjub, karena biasanya petinggi dari setiap institusi menggunakan mobil dalam setiap kunjungan kerja. 

"Salut saya. Baru pertama kali bertemu dengan Pangdam III/Siliwangi, dan kaget beliau datang menggunakan motor," kata Asep Mulyana. 

Warga Kecamatan Sucinaraja, Garut itu pun menyampaikan rasa senangnya bisa turut berperan dalam kegiatan TNI menjaga komitmen ketahanan pangan di daerah. 

"Saya sangat senang bisa terlibat memeriahkan pemberian bantuan untuk warga Garut. Terlebih saya juga warga Garut meski bukan dari Malangbong," ujarnya.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT