Gubernur Jabar Ridwan Kamil, plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, Atalia Praratya, Sonya Fatmala, dan Irfan Hakim memukul kentongan saat meresmikan revitalisasi Situ Ciburuy. (FOTO: ADI HARYANTO)
Adi Haryanto

BANDUNG BARAT, iNews.id - Situ Ciburuy yang berada di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) selesai direvitalisasi dan diresmikan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Sabtu (13/8/2022). Objek wisata melegenda di Jawa Barat ini bakal jadi rest area non-tol yang nyaman dan asri bagi para pelancong yang tengah melintas di Padalarang.

Peresemian Situ Ciburuy dihadiri oleh pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, artis Irfan Hakim, Atalia Praratya, dan Sonya Fatmala

"Saya resmikan Situ Cibiruy semoga jadi lebih baik dan lebih nyaman buat masyarakat sekitar dan wisatawan yang datang," kata Gubernur Jabar seusai peresmian kepada wartawan. 

Ridwan Kamil menyataginginkan, agar kawasan Situ Ciburuy menjadi rest area atau tempat istirahat seperti layaknya tempat istirahat di jalan tol, bagi pelaku perjalanan yang melintas di Padalarang. Baik yang mengarah dari Cianjur dan sekitarnya menuju Bandung maupun sebaliknya.

"Ini (Situ Ciburuy) harus jadi rest area non tol. Jadi yang dari Cianjur ke Bandung atau Bandung ke Jakarta lewat Cianjur kuliner, rehat dulu di Ciburuy dan membeli UMKM lokal," ujarnya. 

Setelah direvitalisasi Situ Ciburuy kini dilengkapi bangunan-bangunan seperti area restoran, dermaga serta berbagai fasilitas lainnnya. Luas kawasan Situ Ciburuy mencapai sekitar 41 hektare lebih, yang bisa menampung debit air hingga 1,2 juta kubik. Sehingga bisa bermanfaat untuk pariwisata, pengairan, dan irigasi. 

Orang nomor satu di Jawa Barat ini juga berpesan agar masyarakat tidak mencemari air Situ Ciburuy. Sebab dirinya masih mendapat laporan adanya masyarakat maupun industri yang kerap membuang limbah ke Situ Ciburuy. Jika masih ada warga dan industri yang nakal, maka akan diadukan ke jalur hukum. 

"Saya peringatkan tiga bulan, kalau masih nakal, dengan tegas konsep Citarum akan dipraktikan di sini. Di Citarum ada 60 yang sudah dihukum akibat mencemari lingkungan," ungkapnya. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Atalia Praratya, plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, dan Sonya Fatmala, menebar benih ikan di Situ Ciburuy. (FOTO: ADI HARYANTO)

Sementara Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan mengucapkan terima kasih ke gubernur dan Pemprov Jabar yang sudah merevitalisasi Situ Ciburuy sehingga menjadi lebih indah. "Terima kasih atas supportnya, ini harus dijaga jangan sampai dicorat coret dan dirusak," ujarnya.

Penataan Situ Ciburuy sejauh ini sudah dilakukan Pemprov Jabar sebagai bagian dari proyek strategis. Sejak tahun 2019, dana miliar rupiah telah digelontorkan. 

Perinciannya, pada 2019 sebesar Rp2,2 miliar dan 2021 senilai Rp29 miliar. Pada 2020 tidak ada kucuran anggaran karena semua fokus pada penanganan Covid-19.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT