Pengunjung memadati objek wisata di Lembang, KBB. (Foto: iNews/YUWONO WAHYU)
Yuwono Wahyu

BANDUNG BARAT, iNews.id - Libur akhir pekan dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke sejumlah objek wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Sabtu (23/10/2021). Ribuan pengunjung membuat sebagian mengabaikan protokol kesehatan (prokes), terjadi kerumunan, tak jaga jarak, dan masker dilepas.

Kondisi itu berpotensi menjadi penyebaran Covid-19 di KBB yang saat ini menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Salah satu objek wisata di kawasan Lembang yang diserbu warga untuk memanfaatkan libur akhir pekan, yaitu, Lembang Park Zoo. Di gerbang masuk, terlihat antrean kendaraan sudah mengular ke tepi Jalan Kolonel Masturi.

Ratusan kendaraan wisatawan dari kawasan Bandung Raya (Kota/Kabupaten Bandung, Cimahi, dan Bandung Barat) dan luar kota memadati area parkir obyek wisata kebun binatang terbesar di KBB itu.

Suasana di dalam terlihat lebih padat. Jumlah pengunjung membludak di loket masuk dan beberapa wahana. Kendaraan minibus terbuka yang disediakan pengelola untuk mengantar ke pintu masuk disesaki wisatawan.

Padahal di kendaraan tersebut ditempeli striker peringatan prokes yaitu untk satu barisi kursi hanya diisi dua orang. "Penuh banget ya. Hampir semua wahana sudah pada dibuka," kata Risma Pradani, wisatawan asal Bogor.

Selain LPZ sejumlah obyek wisata di Lembang yang lain juga telah beroperasi. Seperti farm house, The Great Asia Afrika, dan Floating Market. Saat libur akhir pekan, kunjungan ke beberapa obyek wisata meningkat.

Apalagi, mayoritas wisatawan telah divaksin sehingga membuat leluasa untuk pergi ke luar kota atau ke tempat sarana publik termasuk objek wisata.

Pengelola objek wisata Lembang Park Zoo (LPZ) Iwan Susanto mengatakan, prokes ketat diterapkan terhadap pengunjung sebelum masuk. Mereka yang masuk ke LPZ telah melalui pemeriksaan #PeduliLindungi yang membuktikan mereka telah divaksin.

"Pengunjung wajib cek suhu tubuh, cuci tangan, wajib mengenakan masker, dan #Peduli Lindungi. Di tempat makan juga wajib menerapkan prokes ketat," kata Iwan.

Jumlah kunjungan meningkat pada libur akhir pekan. Hal ini disebabkan karena warga merindukan liburan karena selama PPKM level 3 sebagian besar warga tidak bisa mengunjungi objek wisata.
 


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT