Menhub Budi Karya Sumadi mengajak investor asing, termasuk dari Denmark, meninjau Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang. (FOTO: ANTARA)
Antara

SUBANG, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginginkan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat memiliki rencana ke depan. Karena itu, Menhub mengundang investor asal Denmark dan beberapa negara lain untuk turut serta mengembangkan pelabuhan tersebut.

Untuk mengembangkan Pelabuhan Patimban, Menhub menawarkan proyek pengembangan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang. 

"Kami tawarkan Maersk Line (perusahaan shipping line asal Denmark) dan beberapa investor dari sejumlah negara untuk bekerja sama dalam mengembangkan Pelabuhan Patimban," kata Menhub saat meninjau Pelabuhan Patimban di Subang, Jumat (16/9/2022).

Budi Karya Sumadi menyatakan, para investor dari sejumlah negara bisa bekerja sama dengan PT Pelabuhan Patimban International (PPI) yang telah ditunjuk sebagai satu entitas swasta untuk mengembangkan Pelabuhan Patimban.

Hal tersebut dilakukan karena Kementerian Perhubungan menginginkan agar Pelabuhan Patimban bisa berkembang dengan pesat. "Kami menginginkan agar Patimban memiliki rencana pengembangan ke depan seperti yang diinginkan Pak Presiden Jokowi (Joko Widodo)," ujar Budi Karya Sumadi.

Mehub menuturkan, pembangunan Pelabuhan Patimban terdiri atas tiga tahap. Pembangunan tahap 1 terdiri dari dua bagian, yakni tahap 1-1 dan tahap 1-2. Untuk tahap 1-1, pembangunannya telah diselesaikan. 

Saat ini akan dilanjutkan pembangunannya ke tahap 1-2 pada Oktober 2022. "Tahap 2 bulan depan dimulai, dan ditargetkan selesai pada tahun 2025," tutur Menhub.

Pelabuhan Patimban, kata Budi Karya Sumadi, ditargetkan memiliki kapasitas yang sama dengan Pelabuhan Tanjung Priok, sebesar 7,5 juta TEUs peti kemas atau kontainer dan 600.000 kendaraan per tahun pada 2027 nanti.

Sementara itu, Bupati Subang Ruhimat berharap Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban mampu bersinergi untuk kemakmuran rakyat Indonesia termasuk di Kabupaten Subang.

“Sesuai pernyataan Bapak Presiden (Joko Widodo) agar (Pelabuhan Patimban) melibatkan BUMD dan BUMDesa serta masyarakat setempat sehingga warga Subang tidak menjadi penonton dan tentunya sesuai kesepakatan bersama,” kata Bupati Subang.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT