Yayan alias B, tersangka penjambretan di Jalan Sadang Sari, Gang Palem 1, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Bandung. (FOTO: Humas Polrestabes Bandung)
Agus Warsudi, Juhpita Meilana

BANDUNG, iNews.id - Yayan alias B, pria yang manjambret telepon seluler (ponsel) milik mamah muda di Jalan Sadang Sari, Gang Palem 1, Kelurahan Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, ditangkap polisi. Pelaku yang berprofesi tukang parkir itu kini meringkuk di sel tahanan Mapolsek Coblong. 

Akibat perbuatannya, pelaku Yayan disangkakan melanggar Pasal 365 ayat 1 KUHPidana dan terancam hukuman maksimal 9 tahun penjara.

"Pelaku dapata ditangkap Unit Reskrim Coblong yang dipimpin Kapolsek Coblong Kompol Nanang Sukmajaya, dalam waktu kurang dari 24 jam setelah kejadian," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung didampingi Kapolsek Coblong Kompol Nanang Sukmajaya di Mapolsek Coblong pada Selasa (8/11).

Berdasarkan hasil pemeriksaan penyidik, ujar Kombes Pol Aswin Sipayung, pelaku yang sehari-hari bekerja sebagai tukang parkir itu mengaku telah dua kali melakukan pejambretan. 

"Motif pelaku melakukan kejahatan itu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Barang hasil rampasan dijual oleh pelaku di suatu tempat," ujar Kombes Pol Aswin Sipayung.

Kapolrestabes Bandung menuturkan, Polrestabes Bandung berkomitmen menindak tegas segala bentuk tindak kriminal jalanan atau street crime di Kota Bandung, seperti jambret dan begal. 

"Jika ada masyarakat yang mengalami tindak kejahatan, diimbau untuk melapor agar dapat segera ditindaklanjuti oleh polisi. Seperti yang pernyataan saya sebelumnya, tidak ada tempat pelaku jambret atau begal di Kota Bandung," tutur Kapolrestabes Bandung.

Sementara itu, Yayan mengatakan, penjambretan itu dilakukan saat hendak pulang ke rumah. Saat dalam perjalanan, dia melihat ada kesempatan untuk merampas ponsel milik korban. "Mau pulang ke rumah tadinya mah," kata tersangka Yayan.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video CCTV berisi rekaman aksi jambret menggasak ponsel atau handphone (HP) milik mamah muda di Jalan Sadang Sari, Gang Palem 1, Kelurahan Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Senin (7/11/2022) sekitar pukul 08.30 WIB. Dalam aksinya pelaku merampas HP milik ibu muda yang sedang berjalan sambil menuntun anak.

Dalam rekaman sekitar 17 detik, korban berinisial NPR terkejut saat HP miliknya dijambret. Korban berusaha mengejar. Dia sepertinya lupa menuntun anak. Akibatnya, anak tersebut sempat terseret sekitar satu meter. Si anak terlihat terjatuh.

Setelah melancarkan aksinya, pelaku yang mengendarai motor langsung kabur ke arah Jalan Sadang Sari. Aksi pelaku ini terbilang nekat karena beraksi pada pagi hari saat warga mulai beraktivitas di sekitar lokasi kejadian.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT