Jabar akan memiliki film bertemakan pertanian untuk mendorong petani milenial. (Foto: Istimewa) 
Arif Budianto

BANDUNG, iNews.id - Film bertemakan pertanian dengan mengangkat tokoh Kabayan bakal diproduksi Jawa Barat. Film ini sebagai upaya mendorong program petani milenial yang saat ini gencar dikampanyekan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. 

Film FTV ini rencananya bakal segara diproduksi dalam waktu dekat. Sinematografi ini hasil kerja sama antara Dinas Komunikasi dan Informatika dan pembuatannya bekerja sama dengan rumah produksi lokal.

Produser Eksekutif Aria Production Pamriadi mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat dalam pembuatan film televisi bertemakan pertanian. Sinematografi yang digarapnya ini bertujuan untuk kembali menarik minat warga agar mau menjadi petani.

"Kami sekarang sedang membuat FTV berjudul Kabayan Petani Milenial. Ini kerja sama dengan Diskominfo Jabar untuk menarik minat warga agar mau menjadi petani," katanya di Bandung, Jumat (8/10/2021).

Film akan disutradarai oleh Rolly Januar. Mengangkat cerita tentang keberhasilan Kabayan menjadi petani. "Ini juga bertujuan menyukseskan program Petani Milenial yang sudah diluncurkan Kang Emil (Ridwan Kamil). Semoga ini bisa menginspirasi masyarakat agar mau menjadi petani," katanya.

Selain itu, lanjutnya, melalui film ini pun diharapkan masyarakat tidak ragu menjadi petani meski memiliki pendidikan tinggi. "Dalam film ini Kabayan seorang sarjana, tapi dia tidak malu untuk menjadi petani," ucapnya.

Lebih lanjut dia katakan, FTV ini pun diharapkan mampu mengangkat lokasi pariwisata khususnya di Kabupaten Bandung Barat yang menjadi lokasi syuting. 

"Di kawasan Cisarua, ada satu lahan pertanian, yang juga bagus untuk menjadi lokasi wisata alam. Di sana juga sentra kuliner," ujarnya.

Rolly Januar mengatakan, FTV ini akan segera diproduksi. Menurut rencana, FTV karyanya ini akan ditayangkan di televisi nasional. "Film ini mengusung genre drama komedi dengan melibatkan beberapa aktor ternama. Ada Kang Dicky Chandra yang akan berperan sebagai abah," ujarnya.

Menurutnya, film ini akan dibintangi pemain muda seperti Farihin sebagai Kabayan dan Adinda Indah Permatasari sebagai Nyi Iteung. 

"Semoga ini bisa menginspirasi generasi muda kita agar mau kembali ke kampungnya masing-masing meski sudah mengenyam pendidikan tinggi di kota," katanya. 


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT