Tangkapan layar cuplikan Film Si Kabayan Milenial Bersinar. (Foto: Istimewa)
Agung Bakti Sarasa

BANDUNG, iNews.id - Si Kabayan, sosok legenda masyarakat Sunda yang lucu dan polos akan kembali hadir di layar kaca lewat Film Si Kabayan Milenial Bersinar. Film yang membawa misi mengangkat kebudayaan Jawa Barat tersebut mendapat dukungan penuh dari Pemprov Jabar. 

Diharapkan, film yang digarap rumah produksi Aria Prodiction itu juga mampu mengangkat harkat dan martabat masyarakat Jabar. 

Film Si Kabayan Milenial Bersinar dikemas lewat konsep FTV bergenre komedi yang mulai ditayangkan TVRI Nasional mulai 25 September 2021 pukul 22.00 WIB setiap pekan sebanyak 12 episode. 

Si Kabayan dalam seri FTV ini akan digambarkan sebagai sosok yang jujur dan cerdas, berbeda 360 derajat dari cerita kebanyakan yang menggambarkan Kabayan sebagai sosok yang bodoh dan pemalas. 

"Dalam film ini justru kami ingin meluruskan tentang karakter Si Kabayan yang selama ini dianggap bodoh dan pemalas karena karakter Si Kabayan yang sebenarnya adalah jujur dan cerdas," ujar produser Kabayan Milenial Bersinar, Yayat Hidayat dalam jumpa pers yang juga digelar secara virtual dari Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (20/9/2021).


Melalui film ini, lanjut Yayat, pihaknya pun ingin merekontruksi ulang sosok Si Kabayan dengan situasi dan kondisi yang relevan saat ini dimana Si Kabayan pun mampu beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19 yang memang membuat banyak pihak kesulitan.  

"Si Kabayan itu mampu mengatasi situasi. Seperti bagaimana Si Kabayan diceritakan sebagai Petani Milenial yang mendistribusikan hasil buminya melalui online," kata Yayat seraya berharap, harkat dan martabat masyarakat Jabar pun terangkat lewat film ini. 

Yayat juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia harus diedukasi tentang penafsiran karakter Si Kabayan yang mungkin mewakili rakyat Jabar ini. 

"Dari kejujuran dan kecerdasannya itu, Si Kabayan justru bisa menghadirkan solusi dari berbagai kebuntuan dan permasalahan yang ada di masyarakat, seperti halnya kebuntuan menghadapi pandemi dan lain-lain" katanya.


Sementara itu, Asisten 3 Setda Provinsi Jabar, Dudi Sudrajat Abdurachim yang didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Jabar, Faiz Rahman mengungkapkan, Film Si Kabayan Milenial Bersinar akan mempromosikan juga berbagai tempat wisata dan kebudayaan Jabar yang juga diharapkan mampu menjawab kerinduan masyarakat yang selama ini 'terkurung' di rumah.  

"Saya berharap FTV ini sekaligus bisa mempromosikan tempat wisata dan kebudayaan Jawa Barat serta sebagai sarana edukasi dan sosialisasi berbagai program pemerintah. Oleh karena itu kita dukung produksi FTV ini," katanya. 

Serial FTV Kabayan Milenial Bersinar disutradarai Rolly Januar dengan seluruh aktornya 100 persen asal Jabar. Sosok Si Kabayan sendiri akan diperankan oleh Farihi, sedangkan Reka Ayu Adella menjadi Nyi Iteung. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh seniman asal Jabar lainnya, seperti Ki Daus, Ceu Edoh, dan Andini. 


Editor : Asep Supiandi

BERITA TERKAIT