BANDUNG, iNews.id - Penyelenggaraan GIIAS 2022 di Grand City Convex, Surabaya pada tanggal 14-18 September 2022 telah usai dan sukses menarik perhatian para pecinta otomotif di Surabaya. Astra Financial yang merupakan Sponsor Platinum, berhasil meraih transaksi senilai Rp315,83 miliar atau 104,24 persen, melampui target Rp300 miliar.
“Pencapaian transaksi senilai Rp315,83 miliar tersebut tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat Surabaya kepada Astra Financial sebagai solusi finansial pilihan dalam mewujudkan impian. Hal itu didorong oleh kemudahan dan beragam promo menarik yang ditawarkan untuk pengunjung GIIAS Surabaya kali ini,” kata Project Director Astra Financial Tan Chian Hok di GIIAS 2022.
Dengan hasil tersebut, ujar Tan Chian Hok, apabila dijumlahkan dengan pencapaian kinerja pada GIIAS 2022 Jakarta dan Surabaya, Astra Financial telah berhasil mencatat transaksi sebesar Rp1,873 triliun, naik sebesar 80,97 persen jika dibandingkan perhelatan GIIAS di dua kota pada 2021 yang hanya Rp1,035 triliun.
Selama acara pameran otomotif tersebut berlangsung, ujar Tan Chian Hok, Astra Financial hadir bersama sembilan dari 14 unit bisnisnya dengan menghadirkan sejumlah promo menarik. Antara lain, ACC & TAF untuk pembiayaan kendaraan roda empat, FIFGROUP untuk pembiayaan kendaraan roda dua, dan proteksi kendaraan dari Asuransi Astra serta proteksi jiwa dari Astra Life.
"Kemudian, didukung oleh layanan keuangan digital AstraPay, Maucash, dan Moxa yang juga turut memberikan program khusus untuk memberikan kemudahan bertransaksi selama GIIAS. Tak ketinggalan pendatang baru, yaitu SEVA yang memudahkan proses pembelian mobil dengan konsep Financing First dan fitur Instant Approval yang memberikan kontribusi besar dalam transaksi kali ini," ujar Tan Chian Hok.
Tan Chian Hok menuturkan, Surabaya dan Jawa Timur merupakan salah satu market otomotif terbesar di Indonesia. Besarnya pasar tersebut dapat berdampak langsung kepada pemulihan ekonomi di Surabaya, Jawa Timur, dan juga nasional yang sebelumnya sempat mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19.
Capaian Gemilang Pendatang Baru
SEVA yang merupakan unit bisnis baru Astra Financial turut berpartisipasi dalam perhelatan pameran otomotif tersebut dengan menghadirkan promo dan layanan untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung dalam menentukan mobil impian yang sesuai dengan kebutuhan finansial.
Sepanjang pameran otomotif terbesar se-Asia Tenggara tersebut, SEVA memberikan layanan instant approval, di mana pada tahun ini dengan antusiasme pengunjung yang tinggi, SEVA mencatatkan lonjakan transaksi yang signifikan.
“Dari total jumlah SPK yang dibiayai oleh Astra Financial melalui ACC dan TAF untuk segmen roda empat sebanyak 1.245 SPK, SEVA berkontribusi pada transaksi penyaluran pembiayaan terhadap 1.245 SPK atau 100 persen dari total SPK pembiayaan roda empat Astra Financial. Angka tersebut jauh melampaui angka yang telah ditargetkan sebesar 411 SPK atau 302,92 persen di atas target,” kata Chief Executive Officer SEVA Handoko Liem.
Handoko Liem menyatakan, dari 1.245 SPK, yang berhasil dilakukan Instant Approval sebanyak 238 SPK dari target 111 SPK atau lebih besar 214,41 persen di atas patokan awal. Istimewanya, pengunjung yang ingin melakukan pengajuan kredit bisa mendapatkan persetujuan kurang dari 12 menit.
Sementara itu, transaksi untuk roda dua yang dilakukan oleh FIFGROUP mencapai Rp3 miliar dari 152 unit pembiayaan sepeda motor. Angka pembiayaan tersebut naik 32,37 persen dibanding tahun lalu sebesar Rp2,3 miliar dari 125 unit.
Untuk transaksi proteksi kendaraan, ujar Handoko Liem, Asuransi Astra, nilai premi yang dibukukan untuk asuransi pembelian tunai pada perhelatan GIIAS 2022 Surabaya mencapai Rp165,5 juta, atau 27,24 persen di atas target senilai Rp130 juta.
"Sedangkan, untuk proteksi jiwa, AstraLife, membukukan pertumbuhan positif dengan nilai asuransi jiwa kredit sebesar Rp1 miliar meningkat 10,21 persen dibanding target senilai Rp972 juta," ujar Handoko Liem.
Maucash yang merupakan bergerak dalam bidang fintech P2P Lending berhasil mencatatkan peningkatan 690,31 persen pada nilai disburse cash loan menjadi Rp593 juta dibanding GIIAS Surabaya 2021 senilai Rp75 juta.
Selain itu, dalam dukungan transaksi keuangan digital dari AstraPay mencatatkan pencapaian positif dengan penggunaan QRIS dan TopUp sebanyak 385 transaksi jauh melampaui target dengan kenaikan sebesar 285 persen dari target 100 transaksi. Kenaikan itu juga diikuti oleh nilai transaksi yang mencapai Rp16,5 juta.
Moxa sebagai wealth-tech app dari Astra Financial turut mencapai angka yang baik di perhelatan GIIAS. Jumlah pembukaan tabungan PermataMoxaku mencapai 65 dari target awal sebesar 40.
Editor : Agus Warsudi
Otomotif Nasional ajang otomotif bisnis otomotif otomotif pameran otomotif giias GIIAS 2022 giias surabaya
Artikel Terkait