Angin puting beliung menerjang SPBU di Jalan BKR, Kota Bandung. Akibatnya, atap SPBU beterbangan. (FOTO: tangkapan layar video amatir)
Ervan David

BANDUNG, iNews.id - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bandung dan sekitarnya pada Senin (5/9/2022), memorakporandakan atap SPBU Jalan BKR. Saat peristiwa terjadi, sejumlah pengendara yang akan mengisi BBM panik. 

Beruntung, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut. Video amatir berisi rekaman saat angin kencang menerjang dan menerbangkan atap SPBU viral setelah beredar di media sosial.

Video amatir memperlihatkan detik-detik saat angin kencang menerbangkan atap SPBU. Sementara hujan deras masih turun. Sejumlah pengendara yang akan mengisi bahan bakar minyak pun panik. Peristiwa itu hanya berlangsung satu menit.

Pascakejadian, puing-puing atap SPBU berserakan di pelataran dan jalan raya. Demi keselamatan pengendara, pengelola menutup sementara SPBU dan membersihkan puing-puing atap tersebut.

Dani, pegawai SPBU, mengatakan, awalnya hujan deras sekitar pukul 17.30 WIB. Tak lama kemudian, angin puting beliung bergerak dari arah selatan. Kemudian, angin ke SPBU menerjang selama beberapa menit. 

Saat kejadian SPBU, kata Dani, sedang banyak pengendara antre. Mereka panik menyelematkan diri ke bangunan di SPBU. "Angin puting beliung hanya merusak atap SPBU. Gak ada korban," kata Dani.

Selain angin kencang, beberapa titik jalan di Kota Bandung juga terendam banjir cileuncang akibat luapan air dari drainase yang buruk dan tersumbat sampah. Seperti di Jalan Leuwipanjang dan Cibaduyut.

Beberapa pengendara sepeda motor nekat menerobos banjir cileuncang itu. Akibatnya motornya mogok di tengah genangan dan harus mendorong ke lokasi yang tidak terendam. Kemacetan lalu lintas di beberapa titik jalan pun tak terhindarkan.

"Di sini memang sering banjir kalau hujan. Ketinggian air banjir sekitar setengah meter (50 sentimeter/cm). Drainase tersumbat sampah," kata Mulyana.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT