Aiptu Dadang, anggota Satlantas Polrestabes Bandung memberikan bensin kepada warga yang motornya mogok di jalan. (Foto: Tangkapan Layar Video Viral)
Agus Warsudi

BANDUNG, iNews.id - Seorang polisi lalu lintas (polantas) yang bertugas di Satlantas Polrestabes Bandung, Aiptu Dadang Manshur, viral di media sosial. Itu terjadi setelah video aksi heroiknya menolong penolong pemotor kehabisan bensin di jalan beredar di medsos.

Dalam video yang viral di medsos @tmcpolrestabesbandung tampak Aiptu Dadang Manshur mengambil bensin dari motor miliknya untuk diisikan ke motor warga mogok di pertigaan Jalan Sunda-Naripan. 

Aiptu Dadang Manshur merupakan polisi senior di Satlantas Polrestabes Bandung. Dia sudah bertugas selama 30 tahun. Kepada wartawan, Dadang menceritakan, saat itu sedang bertugas mengatur arus lalu lintas di pertigaan Jalan Sunda-Naripan pada Selasa 16 November 2021, siang.

Sekitar 30 menit mengatur arus lalu lintas, datang pasangan suami istri (pasutri) mendorong motor karena kehabisan bensin. Lantaran kasihan, Dadang pun menawarkan pertolongan dengan berbagi bensin agar bisa sampai ke SPBU di seberang rel kereta api (KA) di Jalan Sunda.

"Saya seorang diri mengatur arus lalu lintas di sana. Ada ibu sama bapak dorong motor. Saya tanya, katanya habis bensin. Di situ saya mengisikan bensin ke motor warga tersebut," kata Aiptu Dadang ditemui wartawan di Gedung Satlantas Polrestabes Bandung, Rabu (17/11/2021). 

Aiptu Dadang menyatakan, sama sekali tak menyangka aksi menolong yang didasari kasihan dan keihklasan itu menjadi viral di media sosial. Bahkan Dadang sempat ketakutan mendapat teguran dari atasannya karena menjadi viral.

Sementara, Aiptu Dadang dua tahun lagi memasuki masa pensiun. Dia tak ingin nama baiknya cacat hanya gegara viral di medsos. Aiptu Dadang ingin menjadi anggota polisi yang bermanfaat bagi masyarakat berpedoman kepada Tri Brata dan Catur Prasetya. 

"Kami ini anggota polisi, pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat. Sudah seharusnya kami membantu masyarakat yang kesusahan. Saya dua tahun lagi pensiun," ujar bapak tiga anak ini.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT