Dua pengedar sabu jaringan Aceh-Bandung ditembak petugas BNNP Lampung (Ruslan AS/MNC Portal)
Ruslan AS

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Sebanyak 4 kilogram (kg) narkoba jenis sabu asal Aceh, nyaris beredar di Kota Bandung, Jawa Barat. Beruntung penyelundupan barang haram tersebut berhasil digagalkan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung.

Dalam kasus ini, selain menyita 4 kg sabu, empat unit ponsel, dan beberapa kartu ATM, BNNP Lampung juga menangkap dua pelaku, yakni Lastan Aulia (47) dan Endang Sunjaya (44).

"Kedua tersangka ditangkap karena diduga akan mengedarkan 4 kilogram sabu dari Aceh ke Bandung," kata Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol Jafriedi, Rabu (24/2/2021).

Brigjen Pol Jafriedi mengemukakan, kasus ini terungkap setelah BNNP mendapat informasi dari warga bahwa ada orang yang membawa sabu dari Aceh dengan tujuan Bandung melalui jalur darat. 

Berdasarkan laporan tersebut, ujarnya, personel BNNP Lampung bergerak dan memburu pelaku penyelundupan barang haram tersbeut. Petugas BNNP Lampung kemudian merazia Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tujuan Bandung.

"Dari hasil pemeriksan di bus, kami menemukan sabu seberat 4 kilogram di dalam karung besar ukuran 10 kilogram," ujar Brigjen Pol Jafriedi.

Di lokasi kejadian, tutur Kepala BNNP Lampung, petugas menangkap Lasten Aulia, warga Aceh yang diringkus di Nuban Wates, Lampung Tengah. Seusai menangkap Lasten, petugas BNNP kemudian bergerak ke Bandung untuk memburu pelaku lain.

Perburuan berbuah manis, pelaku Endang Sunjaya akhirnya ditangkap. "Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 sub Pasal 132 ayat 2 KUHP dengan ancaman penjara seumur hidup," tutur Kepala BNNP Lampung.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT