Gadis 15 tahun di Sukabumi diperkosa ayah tiri hingga hamil 4 bulan. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNews.id - Seorang anak di bawah umur di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, hamil 4 bulan akibat diperkosa selama dua tahun oleh ayah tiri. Pelaku saat ini meringkuk di sel tahanan Polres Sukabumi.

Keluarga melihat anaknya kandungnya berbadan dua, lalu melaporkan kasus tersebut ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Sukabumi. 

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah mengatakan, aksi bejat ayah tiri tersebut berawal ketika pelaku berinisial IN (39) berdua dengan anak tirinya M (15) berada di dalam rumah, tiba-tiba pelaku menyuruh korban untuk masuk ke dalam kamar berdua dengan dirinya.

"Saat berada di dalam kamar, pelaku membohongi korban jika melakukan keinginannya, dia tidak akan merasakan sakit saat datang bulan (haid). Selain itu juga pelaku menjanjikan membelikan handphone bagi korban," kata Kapolres Sukabumi kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Selasa (27/9/2022). 

Namun selain dijanjikan dibelikan handphone, ujar AKBP Dedy Darmawansyah, pelaku mengancam korban untuk tidak memberitahukan kejadian itu kepada orang lain. Lalu setelah itu pelaku menyuruh korban melakukan yang diinginkan pelaku hingga terjadi persetubuhan dengan anak di bawah umur. 

"Kejadiannya terjadi pada siang hari, ketika ibu korban sedang melakukan pekerjaan rumah bersih-bersih dan aktivitas rumah tangga lainnya di belakang rumah. Karena jika malam hari pelaku, korban dan ibu korban, beristirahat tidur dalam satu kamar (akibat ruangan yang terbatas)," ujar AKBP Dedy Darmawansyah. 

Sementara itu, Kanit PPA Satreskrim Polres Sukabumi Iptu Bayu Sunarti mengatakan, pemerkosaan anak di bawah umur yang dilakukan ayah tiri kepada anaknya selama dua tahun tersebut dilakukan dengan tidak terhitung.

"Untuk beberapa kalinya (persetubuhan) tidak terhitung, jadi dilakukan dari usia 13 tahun hingga 15 tahun. Kondisi korban sendiri saat ini trauma takut jika bertemu pelaku, apalagi sekarang korban dalam keadaan hamil 4 bulan," kata Kanit PPA Satreskrim Polres Sukabumi.

Iptu Bayu Sunarti menyatakan, barang bukti yang diamankan terkait kaus sini, hasil visum et repertum, baju korban saat pemerkosaan terjadi, identitas pelaku dan korban. serta keterangan keduanya. Saat ini pelaku sudah diamankan di tahanan Polres Sukabumi untuk dimintai keterangan lebih lanjut. 

Akibat perbuatannya, ujar Iptu Bayu Sunarti, pelaku dijerat Undang-Undang Perlindungan Anak tentang tindak pidana persetubuhan atau perbuatan cabul kepada anak dengan ancaman hukuman paling sedikit 5 tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara. Selain itu juga pelaku dijerat dan pemberatan 1/3 tambahan hukuman karena dilakukan oleh orang tuanya sendiri.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT