Tempat wisata di Sentul yang lagi hits 2022 ramai dikunjungi wisatawan, salah satunya Gunung Pancar. (Foto: Antara).
Sintia Putri Balqis

BOGOR, iNews.idTempat wisata di Sentul yang lagi hits 2022 ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi jika musim liburan tiba, orang-orang berbondong-bondong untuk mendatangi tempat ini. 

Berwisata merupakan kegiatan yang sering dilakukan banyak orang. Berwisata dapat mengurangi stres. Namun, wisata yang itu-itu saja akan membuat bosan. 

Nah, berikut rekomendasi tempat wisata di Sentul yang lagi hits 2022:

1. Curug Leuwi Hejo

Destinasi wisata ini memiliki pemandangan alam sangat indah. Bahkan, karena keindahannya sering juga disebut sebagai Green Canyon kota Bogor. 

Pemandangan alam yang sangat indah dan air terjun yang jernih sering kali dijadikan tempat wisata untuk healing. Lokasi curug berada di Kampung Wangan, Cileungsi, Sentul, Kota Bogor. 

Tak hanya berendam dan menikmati pemandangan alam, di curug ini pengunjung juga bisa mengabadikan momen kamu bersama air terjun yang jernih. 

Pengunjung juga bisa mencari spot foto sesukanya, karena di tempat ini bisa berswafoto dengan latar belakang alam yang indah. 

2. Gunung Pancar

Terletak di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Namun, lokasi ini familiar dengan sebutan Sentul. Mayoritas Gunung Pancar merupakan pohon Pinus. 

Sekitar hutan pinus Gunung Pancar, tumbuh juga beberapa tumbuhan lain, seperti Rasamala, Puspa, Beringin dan lainnya. 

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Gunung Pancar. Selain trekking sambil menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa camping di hutan pinus yang rindang ini. 

Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan outbound untuk pengunjung yang datang bersama rekan tim. Bahkan, tak sedikit pasangan yang melakukan sesi foto prewedding di sini.

3. Gua Agung Garunggang

Merupakan, gua kecil yang tersembunyi. Gua ini merupakan kawasan geopark atau warisan geologi yang sangat unik. Lokasinya berada di Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. 

Gua Agung Garunggang ini memiliki keunikan tersendiri dengan pintu masuk yang melebar secara vertikal, namun bagian dalam gua cukup sempit. Meskipun sempit, keindahan di dalam gua ini sangatlah cantik. 

4. Pasar Ah Poong

Tempat ini sudah tidak asing lagi di telinga. Tak lengkap rasanya jika berwisata namun tidak mengunjungi tempat makan enak di sekitar.

Pasar Ah Poong menjadi pusat kuliner bergaya food court di Sentul. Pusat kuliner ini menggabungkan pesona alam dari keindahan Sungai Cikeas dan suasana pegunungan. 

Pengunjung yang ingin ke pusat kuliner ini, harus menyeberangi jembatan gantung. Makanan yang dijual cukup variatif. 

Dilansir dari ahpoong.co.id, Pasar Ah Poong menyediakan lebih dari delapan puluh tenant dan terbagi dalam tiga area dengan pilihan menu yang sangat beragam. 

5. Pendopo Ciherang

Merupakan, penginapan dan kafe yang berada di pinggir sungai kawasan Babakan Madang, Bogor. Bagi yang mencari tempat wisata untuk menginap bersama keluarga atau teman, Pendopo Ciherang menjadi tempat yang pas.

Kawasan wisata ini berada di area pegunungan yang memiliki suasana sejuk dan asri. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati sejuknya udara beserta aliran air yang masih alami di tepi sungai. 

Tak lupa juga, pengunjung bisa mengabadikan momen liburan kamu di Pendopo Ciherang karena tempat ini memiliki banyak spot foto yang instagramable.

6. Sawah Segar

Merupakan restaurant yang menyajikan makanan tradisional di tempat sangat unik, yaitu di sekeliling sawah. Selain itu, tempat ini juga menyediakan tempat belajar bagaimana cara bertani.

Terletak di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, lokasi ini cukup mudah untuk di akses. Tempatnya, terbilang cukup unik, tradisional dan sederhana. Bangunan joglo yang berdiri di tengah sawah membuat enak dipandang.

Tempatnya sangat pas untuk yang lagi cari tempat makan sambil ingin mencuci mata. Selain menyajikan makanan enak, pemandangannya juga tak kalah bagus. Pengunjung bisa berswafoto dengan latar yang ciamik.

7. Taman Budaya Sentul City

Merupakan objek wisata dengan banyak sekali wahana yang bisa dinaiki. Taman Budaya Sentul terkenal sebagai objek wisata yang memiliki salah satu spot outbound terbesar di Indonesia. 

Terletak di kawasan Sentul City, akses menuju tempat ini mudah dijangkau. Pengunjung bisa menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman karena taman ini mengusung konsep edutainment center yang menyediakan wahana adventure dan outbound juga mengusung konsep wisata kuliner. 

8. Kampung Koneng

Merupakan kawasan kuliner di Sentul yang dikenal akan kesejukkan dan pemandangan indah alam serta sirkuitnya. Bukan hanya wisata kuliner, Kampung Koneng memiliki banyak fasilitas, seperti Adventure Tracking, Mini Zoo, Membatik, memancing, melukis, bahkan terdapat pula kelas memasak dan melukis. 

Bagi yang ingin berwisata kuliner sambil menimati fasilitas lain dalam satu tempat, Kampung Koneng sangat pas untuk menemani liburan. Tak hanya itu, pemandangan dan kesejukkan udaranya juga dapat menghilangkan penat.

9. Kampung Mentari Sentul

Merupakan tempat wisata yang mengedukasi di Bogor. Tempat ini banyak sekali dikunjungi dalam beberapa waktu belakangan, terutama bagi mereka yang memiliki anak.

Tempat wisata ini akan menawarkan permainan sekaligus bisa belajar secara langsung di lapangan tentang hal baru. Tak hanya itu, bahkan di tempat wisata ini juga menyediakan outbound, rafting, camping dan lain sebagainya. 

10. Curug Leuwi Pangaduan

Kawasan Sentul selain memiliki Curug Leuwi Hejo, juga memiliki Curug Leuwi Pangaduan. Curug Leuwi Pangaduan menawarkan suasana pedesaan dengan lereng gunung lengkap dengan sawah dan air terjun. 

Berada di lereng Gunung Pancar, Leuwi Pangaduan menawarkan keindahan alam yang tak kalah dari Leuwi Hejo. Air yang sangat jernih mengalir curug ini. Selain itu, di wisata ini juga terdapat fasilitas lain, seperti outbound, flying fox, berkuda dan lainnya.

Intulah deretan tempat wisata di Sentul yang lagi hits 2022. Tempat ini bisa jadi tujuan wisata liburan kamu bareng teman atau keluarga. 


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT