Yayasan Ini Didik Eks Napi Hasilkan Produk Kreatif Agar Bisa Bangkit dan Diterima Masyarakat

Adi Haryanto ยท Sabtu, 24 April 2021 - 17:29:00 WIB
Yayasan Ini Didik Eks Napi Hasilkan Produk Kreatif Agar Bisa Bangkit dan Diterima Masyarakat
Pendiri Yayasan Batas Cakrawala Iwan Setiawan (50) menunjukkan produk lampion dari limbah paralon karya para mantan napi. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Siapa pun tentu tak pernah ingin apalagi berharap menjadi seorang narapidana atau napi, menjalani hukuman pidana, meringkuk di dalam penjara. Predikat napi kerap dicibir oleh masyarakat dan peluang untuk mencari pekerjaan pun biasanya tertutup. 

Melihat kenyataan itu, membuat Iwan Setiawan (50), warga Kompleks Pesona Fajar Asri Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), berinisiatif mendirikan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) bernama Yayasan Batas Cakrawala.

Lembaga ini menjadi tempat bagi para mantan napi untuk berkreasi, mengembangka minat dan bakat. Tujuannya agar para mantan napi tidak kembali terjerumus ke dunia hitam yang bisa membuat mereka kembali ke penjara. 

"Biasanya kan begitu trademark sebagai mantan napi imejnya jelek di masyarakat. Makanya saya ingin mengubah itu dengan merangkul mantan-mantan (napi) ini untuk berkreasi di tengah sulitnya mendapatkan pekerjaan," kata Iwan, Sabtu (24/4/2021).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3