Wujudkan Progam Presisi Berkeadilan, Kapolri Luncurkan Hotline 110 di Polda Jabar
BANDUNG, iNews.id - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meluncurkan layanan darurat atau hotline 110 di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (20/5/2021). Layanan darurat ini disediakan sebagai upaya respons cepat Polri menindaklanjuti pengaduan masyarakat.
Selain Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri, peluncuran hotline 110 tersebut juga dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Bahkan diikuti beberapa kepolisian daerah (polda) di seluruh Indonesia secara virtual.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, hotline 110 berskala nasional itu merupakan wujud dari program prioritas Prediktif, Responsibilitas, Transparansi (Presisi) Berkeadilan.
Dengan hotline 110, kata Kapolri, masyarakat diharapkan bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan pelayanan dari kepolisian. "Hotline nomor layanan polisi 110 merupakan upaya untuk mempermudah akses masyarakat dan mempercepat respons Polri ketika dibutuhkan," kata Kapolri.
Dengan Hotline 110 ini, ujar Jenderal Pol Listyo Sigit, diharapkan masyarakat benar-benar merasakan kemudahan untuk mendapatkan informasi dan melakukan sharing informasi.
Selain itu, Jenderal Pol Listyo Sigit menekankan kepada seluruh kepala kesatuan wilayah (kasatwil) agar mengoptimalkan perawatan, pemeliharaan perangkat layanan, meningkatkan sumber daya manusia yang mengawaki, serta meningkatkan pengawasan, serta pengendalian tata kelola operasionalnya.
"Kembangkan layanan polisi 110 yang terintegrasi dengan aplikasi lain Binmas Online System, Polisiku, dan lain-lain, sehingga dapat menjadi alert bagi anggota di lapangan agar segera merespon informasi dari masyarakat," tutur Jenderal Pol Listyo Sigit.
Jenderal Pol Listyo Sigit menyatakan, diperlukan peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan 110 melalui penambahan jumlah operator pada tingkat polres dan polda sehingga tidak ada panggilan masyarakat yang tidak terlayani.
"Segera tangani kendala-kendala teknis sehingga implementasi nomor layanan polisi 110 dapat diperluas ke seluruh masyarakat. Sosialisasikan penggunaan nomor layanan polisi 110 ini melalui jajaran Divhumas Polri, polda, dan polres kepada masyarakat dan personel agar layanan ini dapat berfungsi secara optimal," ucap Kapolri.
Terkait kepastian keamanan data, Jenderal Pol Listyo Sigit mengingatkan, jangan sampai terjadi kebocoran informasi. Layanan polisi 110 ini juga merupakan salah satu dari program prioritas Kapolri. Dalam hari 100 kerja berjalan, Sigit telah mewujudkan pelayanan tersebut.
Perangkat Hotline 110 sendiri saat ini tercatat sudah ada di 420 titik. Yakni, satu di Mabes Polri, 32 Polda jajaran, dan 387 Mapolres dan Mapolresta. Pelayanan itu sendiri gratis bagi masyarakat yang membutuhan respon dari aparat. "Menekankan upaya pendekatan pemolisian yang Prediktif dengan harapan membangun kejelasan," ujar Jenderal Pol Listyo Sigit.
Editor: Agus Warsudi