Waspada, 4 Kecamatan di KBB Endemis Demam Berdarah, 10 Warga Meninggal

Adi Haryanto ยท Kamis, 25 Agustus 2022 - 09:08:00 WIB
Waspada, 4 Kecamatan di KBB Endemis Demam Berdarah, 10 Warga Meninggal
Empat kecamatan di KBB endemis DBD. Setiap tahun kasus DBD di empat kecamatan itu selalu tinggi. (Foto: Ilustrasi/Ist)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Padalarang, Lembang, Batujajar, dan Cikalongwetan, empat kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) endemis penyakit demam berdarah dengue (DBD). Setiap tahun selalu muncul kasus DBD di empat kecamatan itu bahkan ada warga meninggal dunia akibat penyakit tersebut. 

"Kecamatan endemis DBD itu adalah Padalarang, Lembang, Batujajar, dan Cikalongwetan. Setiap tahunnya kasusnya selalu tinggi dibandingkan dengan kecamatan lain," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Nurul Rasihan, Rabu (24/8/2022).

Nurul Rasihan menyatakan, DBD setiap tahun masih jadi ancaman bagi masyatakat di KBB karena selalu muncul kasus. Biasanya kasus akan meningkat saat musim hujan peralihan dari kemarau ke musim hujan.

Periode Januari-Juni 2022, ujar Nurul, tercatat 10 warga KBB meninggal dunia akibat terkena DBD. Sedangkan hingga Juni 2022, total 957 warga KBB terjangkit DBD. "Selama satu bulan itu (Juni 2022) ada 134 warga yang terjangkit dan tiga di antaranya meninggal dunia," ujarnya. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: