Warga Miskin di Cimahi Capai 31.640 Jiwa di 2020

Adi Haryanto · Senin, 28 Desember 2020 - 20:45:00 WIB
Warga Miskin di Cimahi Capai 31.640 Jiwa di 2020
Plt Wali Kota Ngatiyana saat rapat bersama TKPK untuk mencari solusi penanganan kemiskinan di Cimahi, Senin (28/12/2020). Foto/Istimewa

CIMAHI, iNews.id – Warga miskin di Kota Cimahi tercatat mencapai 31.640 jiwa, pada tahun ini. Jumlah tersebut setara 5,11 persen dari total penduduk Kota Cimahi. 

Persentase kemiskinan itu lebih tinggi dari target yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Cimahi 2017-2022.

"Data BPS 2020, jumlah penduduk miskin di Kota Cimahi 31.640 jiwa. Itu lebih tinggi dari target RPJMD yang sekarang sedang direvisi," tutur Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana, usai rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Cimahi, Senin (28/12/2020).

Dia mengatakan, tidak menutup kemungkinan angka kemiskinan tersebut mengalami peningkatan lagi. Pasalnya adanya pandemi Covid-19 sangat berdampak kepada perekonomian masyarakat, sehingga berpotensi memunculkan warga miskin baru. 

Hal itu terlihat dari daya beli yang menurun dan angka pengangguran yang juga mengalami kenaikan sekitar 5 persen. Oleh sebab itu Pemkot Cimahi telah melakukan efisiensi, realokasi, refocusing, dan pergeseran anggaran pada APBD 2020. Termasuk memberikan stimulus paket-paket ekonomi untuk masyarakat. 

"Adanya bantuan itu diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, baik secara langsung maupun tidak," kata dia. 

Saat ini Pemkot Cimahi telah membentuk TKPK dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan. TKPK bertugas memastikan program dan kegiatan terlaksana sesuai dengan perencanaan. Salah satu tugasnya memastikan program penanggulangan kemiskinan dapat diselesaikan sesuai kebijakan pemerintah daerah.

"Kemiskinan merupakan persoalan multidimensi dan mendesak untuk ditanggulangi. Sehingga cara penanggulangannya harus sistematis, terencana, dan bersinergi dengan dunia usaha," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi