Warga Indramayu Khawatir Semburan Gas Bakal Seperti Lumpur Lapindo

Toiskandar ยท Sabtu, 31 Oktober 2020 - 11:33:00 WIB
Warga Indramayu Khawatir Semburan Gas Bakal Seperti Lumpur Lapindo
Semburan gas disertai lumpur dan air di areal persawahan meresahkan masyarakat Desa Sukaperna, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu. Foto/iNewsTv/Toiskandar

INDRAMAYU, iNews.id - Warga Desa Sukaperna, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat khawatir semburan gas disertai air dan lumpur yang muncul di areal pesawahan dekat permukiman mereka bakal meluas. Jika dibiarkan, warga takut akan terjadi bencana peristiwa seperti lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pantauan di lokasi, sampai saat ini semburan di Desa Sukaperna, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu masih terjadi. Titik semburan hanya dibatasi garis polisi.

Semburan itu menimbulkan suara bergemuruh seperti air mendidih. Lumpur dan air disertai pasir yang meluap, mengalir ke persawahan, berjarak beberapa meter dari titik semburan.

Karena itu, warga meminta pemerintah untuk segera bertindak mencari solusi untuk menghentikan semburan gas yang muncul sejak Kamis (29/10/2020) dan berjarak sekitar 200 meter dari permukiman penduduk tersebut, agar tak meluas dan membahayakan keselamatan masyarakat.

Anggota anggota Komisi VI DPR Herman Khaeron menangkap keresahan masyarakat itu. Dia telah meminta Pertamina bersama pemerintah pusat dan daerah segera bertindak menghentikan atau mencari solusi untuk mengatasi semburan gas di Desa Sukaperna, Kecamatan Tukdana.

"Pertamina dan pemerintah baik pusat maupun daerah harus segera mengatasi dan memberikan solusi agar kondisi Desa Sukaperna tersebut kembali normal," kata Herman Khaeron, Sabtu (31/10/2020).

Editor : Agus Warsudi