Warga Bandung Kerahkan Robot Transformers untuk Bubarkan Kerumunan

Ervan David ยท Kamis, 30 April 2020 - 18:21 WIB
Warga Bandung Kerahkan Robot Transformers untuk Bubarkan Kerumunan
Robot mirip Transformers berkeliling bubarkan kerumunan warga di Cikutra, Kota Bandung. (Foto iNews.id/Ervan)

BANDUNG, iNews.id - Berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Setelah meminta warga menerapkan social distancing, tidak lama pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun demikian, tidak sedikit masyarakat yang belum mengikuti imbauan dan aturan yang diberlakukan selama masa pandemi.

Melalui tekad bersatu menghadapi corona, warga RW 11, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, memiliki cara unik untuk membubarkan kerumunan orang, menggunakan robot layaknya film Transformers. Memang bukan robot sungguhan yang dikerahkan, melainkan seorang warga yang mengenakan kostum menyerupai robot.

Robot ini menyusuri permukiman dengan didampingi petugas linmas, untuk membubarkan kerumunan sekaligus memberikan edukasi agar warga memaksimalkan waktunya di rumah. Siapa sangka, cara ini ampuh, karena tidak sedikit anak-anak di kawasan tersebut langsung pulang, saat bertemu dengan robot ini.

Menurut Ganjar, Ketua RW setempat, semula kostum robot tersebut digunakan untuk keperluan karnaval Hut Kemerdekaan RI. Namun biaya yang mahal membuat warga harus mencicil sampai akhirnya wabah corona datang. Kostum robot pun kini dialihfungsikan untuk patroli di masa pandemi Covid-19.

"Dikarenakan kita mau negur juga tetangga, walaupun saya ketua RW, tetap saya juga kenal dengan tetangga, jadi kan lebih enak pakai robot covid ini," kata Ganjar saat ditemui di Bandung, Kamis (30/4/2020).

Pendampingan robot oleh petugas linmas bukan tanpa alasan. Ganjar mengatakan hal tersebut sebagai bentuk keseriusan bahwa tidak boleh ada kerumunan. "Tercapai juga sih untuk membubarkan kerumunan," ucapnya.

Ganjar menambahkan, di balik semua kondisi yang membuat masyarakat kesusahan, setidaknya warga di wilayahnya bisa terhibur ketika melihat kemunculan robot yang berpatroli.

Sementara Rifky selaku orang di dalam kostum Robot Covid-19 mengaku senang bisa berpartisipasi dalam strategi pemerintah untuk menghadapi pandemi Covid-19. Hanya saja mengenakan kostum robot selama berpatroli dirasa memiliki tantangan. "Masangnya agak ribet, gerah, selain itu takut jatuh karena agak tinggi (di bagian kaki)," tuturnya.


Editor : Rangga Permana