Waduh, Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji asal Majalengka hingga 20 Tahun ke Depan

Inin nastain · Selasa, 26 Oktober 2021 - 12:02:00 WIB
Waduh, Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji asal Majalengka hingga 20 Tahun ke Depan
Daftar tunggu calon jemaah ahji asal Majalengka hingga 20 tahun ke depan. Sebanyak 21.000 calon jemaah haji itu masih menunggu pemberangkatan ke tanah suci. (Foto: Ilustrasi)

MAJALENGKA, iNews.id - Masa tunggu pemberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Majalengka, Jawa Barat hingga 20 tahun ke depan. Di sisi lain, minat masyarakat untuk menjalankan rukun Islam yang kelima itu masih cukup tinggi.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Majalengka Heru Hoerudin mengatakan, hingga saat ini antrean tercatat sebanyak 21.000 lebih untuk berangkat ibadah haji. Hal itu seiring dengan adanya pembatalan pemberangkatan ibadah haji selama dua tahun terakhir, lantaran masih adanya Pandemi Covid 19.

"Di Majalengka sendiri, antrean atau waiting list untuk haji ini cukup lama yaitu 20 tahun. Dengan orang yang mengantre sebanyak 21.743. Yang daftar dari Januari sampai hari ini tercatat sebanyak 667 orang," kata Heru, Selasa (26/10/2021).

Kendati data antrean mencapai 21.000 orang lebih, tetapi Heru memastikan tidak ada calon jemaah yang melakukan pembatalan. Dia memastikan, kalaupun ada yang batal, hal itu dikarenakan meninggal.

"Pascakeluarnya KMA 660 2021 terkait pembatalan pemberangkatan ibadah haji, Alhamdulillah di Kabupaten Majalengka tidak ada yang membatalkan keberangkatan ibadah haji, selain karena meninggal dunia atau sakit permanen," ujar dia. 

"Ada yang narik uang pelunasan, tapi itu pun jumlahnya hanya tujuh orang," ucap Heru.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: