Viral Video Warga Indramayu Mandi di Tengah Jalan Rusak

Andrian Supendi · Kamis, 10 Februari 2022 - 21:15:00 WIB
Viral Video Warga Indramayu Mandi di Tengah Jalan Rusak
Tangkapan layar video viral seorang warga mandi di tengah jalan rusak dan berlubang yang berisi air. (FOTO: ANDRIAN SUPENDI)

INDRAMAYU, iNews.id - Sebuah video berisi rekaman seorang warga mandi di tengah jalan raya rusak parah dan berlubang yang digenangi air, viral di media sosial. Aksi mandi di tengah jalan rusak itu merupakan bentuk protes terhadap pemerintah.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, video yang disiarkan langsung oleh akun Facebook @Tata Sakia itu berlangsung di Jalan Raya Desa Sukamelang, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Rekaman video tersebut kemudian dibagikan di grup Facebook Indramayu Bermartabat.

Dalam video tampak seorang pria tengah terjongkok  layaknya orang yang sedang mandi. Dia membasahi kedua tangannya menggunakan air kubangan berwarna cokelat.

Pria itu pun menciprat-cipratkan air guna memperlihatkan dalamnya kubangan air. Hal ini merupakan aksi yang dilakukan warga sebagai bentuk kekecewaan. Pasalnya, jalan di desa setempat rusak sehingga menimbulkan genangan setiap kali turun hujan.

Hadi Santoso, akademisi di Kabupaten Indramayu, mengatakan, Pemkab Indramayu harus memaksimalkan program pembangunan untuk masyarakat. Sehingga, keluhan-keluhan masyarakat tidak selalu ditumpahkan ke media sosial secara terbuka.

"Indramayu katanya sudah ada I-Ceta (Indramayu Cepat Tanggap). Dengan program itu sebenarnya keluhan permasalahan warga, salah satunya jalan yang rusak bisa segera diatasi," kata Hadi Santosa, dosen di AMIK Purnama Niaga Indramayu, Kamis (10/2/2022).

Selain itu, ujar Hadi, Pemkab Indramayu harus lebih transparan dalam menginformasikan soal pembangunan. Selain itu, masyarakat juga membutuhkan informasi soal jalan mana saja yang perbaikannya dibiayai oleh desa, APBD kabupaten, APBD provinsi, dan APBN. 

Berapa rencana biaya serta panjang jalan yang akan diperbaiki. "Jika aplikasi sistem ini sudah berjalan, keluhan warga yang marah jalannya tak kunjung diperbaiki, tidak akan ditumpahkan ke media sosial," ujar Hadi.

Di sisi lain, tutur Hadi, jalan bagus menjadi hal penting bagi masyarakat. Dengan jalan bagus roda perekonomian masyarakat bisa lebih cepat dan lain sebagainya. "Apalagi saat musim hujan begini, jalan yang rusak itu membahayakan pengendara khususnya motor," tuturnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: