Viral, Siswi Berjilbab Tenggak Miras Dijatuhi Hukuman Cambuk

Umaya Khusniah · Kamis, 14 Oktober 2021 - 10:08:00 WIB
Viral, Siswi Berjilbab Tenggak Miras Dijatuhi Hukuman Cambuk
Eksekusi hukuman cambuk. (Foto: Istimewa)

ABUJA, iNews.id - Video pelaksanaan hukuman cambuk terhadap siswi yang menenggak minuman keras (miras) viral di media sosial. Dalam video terlihat siswi tersebut dicambuk oleh empat algojo pria.

Peristiwa ini terjadi di sebuah sekolah Islam negara bagian Kwara, Nigeria. Hukuman cambuk terhadap siswi yang ketahuan menenggak miras tersebut telah mendapatkan persetujuan dari ayah pelajar itu.

Eksekusi hukuman dilaksanakan di dalam sekolah dan disaksikan sang ayah. Dalam video terlihat empat pria memegang tongkat berdiri mengelilingi siswi berjilbab. Keempat algojo mengayunkan tongkat ke punggung siswi tersebut. 

Korban mengangkat tangan untuk melindungi diri. Jilbab siswi malang itu sampai terlepas akibat kerasnya cambukan. Selain sang ayah, eksekusi itu juga dilihat oleh banyak orang.

Ayah siswi itu mengatakan telah menyetujui pemberian hukuman itu karena marah setelah melihat video yang menunjukkan putrinya menanggak miras tiga siswa laki-laki dan perempuan lain. 

Korban dilaporkan tertangkap tangan minum miras di pesta ulang tahun temannya. Para siswa yang ada dalam video ulang tahun tersebut telah membantah menenggak miras. Namun, bantahan mereka tak digubris pihak sekolah.

Sementara di video lain yang juga viral menunjukkan seorang anak laki-laki dijatuhi hukuman cambuk terkait menenggak miras di pesta ulang tahun bersama siswi tadi. Video viral itu telah memicu kemarahan publik dan meminta pemerintah mengambil tindakan terhadap sekolah tersebut.

Pemerintah setempat telah membentuk panel untuk menyelidiki kasus ini. Sementara, para siswa yang dihukum cambul telah dibawa ke rumah sakit untuk perawatan medis. Penyelidikan diawasi oleh panel yang terdiri atas cendekiawan Muslim, pemimpin dan pejabat pemerintah.

"Terlepas dari penjelasan pihak berwenang, persetujuan dari orang tua dan penyesalan dari siswa dihukum, pemerintah benar-benar mengerutkan kening atas pemukulan keras (hukuman cambuk) yang terlihat dalam rekaman," kata pemerintah setempat dalam sebuah pernyataan.

Laporan media lokal mengatakan kepala sekolah di negara bagian Kwara, Nigeria telah diskors. Dilansir dari BBC, sekolah tersebut menerapkan hukuman tersebut. Hukuman itu diberikan dengan persetujuan orang tua, dan sejalan dengan hukum Islam.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: