Viral Penipuan Modus Tukar Uang Koin di Cimahi, Pelaku Bawa Kabur Rp2 Juta

Agus Warsudi ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 11:04:00 WIB
Viral Penipuan Modus Tukar Uang Koin di Cimahi, Pelaku Bawa Kabur Rp2 Juta
Pria paruh baya melakukan penipuan dengan modus menukarkan uang koin. Pelaku membawa kabur uang Rp3 juta. (FOTO: tangkapan layar video viral)

CIMAHI, iNews.id - Waspadalah terhadap aksi kejahatan yang semakin beragam. Sebuah video berisi rekaman seorang pria melakukan penipuan dengan modus menukarkan uang koin viral di media sosial (medsos). 

Dalam rekaman CCTV terlihat, pelaku datang membawa tas yang di dalamnya terdapat uang receh pecahan Rp500 dalam 10 bungkus plastik ke sebuah toko. Kepada penjaga toko, pelaku menuliskan total nominal uang koin di dalam plastik itu Rp300.000.

Kemudian, pelaku meminta penjaga toko menukarkan uang receh tersebut dengan pecahan Rp50.000. Total uang Rp3 juta diberikan penjaga toko kepada pelaku. Setelah uang Rp3 juta diterima, pelaku langsung kabur. 

Liciknya, pelaku membungkus uang receh pecahan Rp500 tersebut dengan ikatan yang sulit dibuka. Setelah pelaku kabur, pegawai toko menghitung ulang uang di dalam bungkusan plastik, ternyata hanya Rp100.000 per kantong.

"Membuka bendelan (bungkusan) uang koin. Modus penukaran uang koin. Senentara dari tadi yang sudah dibuka rata-rata yang tertulis ini Rp300.000 padahal di dalamnya teh Rp100.000. Bukanya juga susah guys. Mungkin tujuannya biar memakan waktu (saat membuka). Dibeulit-beulit," kata karyawan toko dalam rekaman tersebut. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: