Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Penting, Kandikes KBB: Booster bagi Antibodi

Adi Haryanto ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 22:45:00 WIB
Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Penting, Kandikes KBB: Booster bagi Antibodi
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Foto: ilustrasi/istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi para penerima penting dilakukan. Pasalnya, vaksinasi kedua merupakan booster bagi pembentukan antibodi dalam tubuh penerima. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hernawan Widjayanto mengatakan, vaksinasi tahap dua wajib dilakukan bagi mereka yang divaksin pada tahap pertama. 

"Jangan sampai tidak dilakukan karena vaksinasi tahap dua ini dibutuhkan untuk pembentukan antibodi yang utuh di dalam tubuh. Vaksinasi tahap dua ini merupakan booster agar antibodi terbentuk di dalam tubuh untuk melawan Covid-19 secara maksimal," kata Hernawan.

Hernawan mengemukakan, bagi mereka yang pernah memperoleh vaksin pertama wajib mengikuti vaksin kedua dengan jangka waktu 14 hari. Pembentukan antibodi setiap orang memang berbeda. Karena itu, ketepatan waktu vaksinasi tahap dua sangat penting. 

"Besok (Kamis 28/1/2021), vaksinasi tahap dua serentak dilakukan bagi para tenaga kesehatan (nakes). Jumlah dosis vaksin kedua ini sama dengan tahap pertama, sebanyak 3.960," ujarnya.

Selain tenaga kesehatan, tutur Kadinkes KBB, pejabat, Sekda KBB Asep Sodikin, Ketua DPRD Rismanto, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) KBB Ahmad Sanukri, Kepala RSUD Cikalongwetan Ridwan Abdullah Putra, dan unsur Forkopimda di Kabupaten Bandung Barat (KBB) juga dijadwalkan menerima vaksinasi kedua di RSUD Cikalongwetan.

"Sesuai daftar mereka yang disuntik vaksin tahap satu, harus menjalani penyuntikan tahap dua besok (Kamis). Lokasi vaksinasi masih di RSUD Cikalongwetan," tutur Kadinkes.

Editor : Agus Warsudi