Topan Yaas Berkecepatan 140 Km per Jam Hantam Kota Ini, Puluhan Ribu Rumah Hancur

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 26 Mei 2021 - 22:51:00 WIB
Topan Yaas Berkecepatan 140 Km per Jam Hantam Kota Ini, Puluhan Ribu Rumah Hancur
Foto satelit menunjukkan fenomena badai terjadi. (Foto: Istimewa)

NEW DELHI, iNews.id – Bencana alam angin topan Yaas berkecepatan 140 kilometer per jam menghantam Kota Kolkata, India Timur, Rabu (26/5/2021). Puluhan ribu rumah di kota itu hancur.

Bahkan aktivitas bandara regional di Kolkata terpaksa ditutup karena khawatir angin topan Yaas menyebabkan kecelakaan pesawat.

Topan Yaas yang menghantam kawasan India Timur itu juga membawa gelombang badai ke daerah pesisir. Reuters melansir, terjangan topan Yaas ini adalah peristiwa kedua yang terjadi dalam seminggu terakhir.

Beberapa waktu lalu, kawasan India Timur dihantam topan Tauktae. Pantai barat negara tersebut luluh lantak. Sebuah kapal yang mengangkut puluhan orang bertabrakan. Akibat peristiwa ini puluhan penumpang kapal tewas.

Pihak berwenang India Timur mengungkapkan, lebih dari 1 juta orang dievakuasi dari jalur badai. Sementara itu, televisi lokal menyiarkan gambar gelombang laut yang ganas, angin kencang, dan hujan menghantam Negara Bagian Odisha. Toko-toko dan rumah-rumah di kawasan itu terpaksa ditutup.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2