Toilet SPBU di Majalengka Tak Gratis, Pengelola Berdalih Pengunjung Beri Uang Seikhlasnya

Inin nastain ยท Rabu, 01 Desember 2021 - 10:55:00 WIB
Toilet SPBU di Majalengka Tak Gratis, Pengelola Berdalih Pengunjung Beri Uang Seikhlasnya
Pengumuman toilet gratis di SPBU yang ada di Majalengka Kota. (Foto: MPI/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Majalengka kedapatan tidak memasang pengumuman toilet gratis. Bahkan, beberapa SPBU di antaranya masih memasang kotak untuk bayar jasa menggunakan toilet.

Dalam kotak tersebut tertulis 2000 sebagai besaran biaya atas jasa menggunakan toilet. Kendati demikian, sifatnya sebatas sukarela.

"Henteu dikudukeun A, nyak, seikhlasna wae (Nggak diharuskan A. Ya, seikhlasnya aja). Jadi nggak semua yang abis dari toilet, ngasih. Dan itu pun langsung dimasukin ke kotak," kata petugas jaga kotak Toilet di SPBU yang ada di Kecamatan Cigasong itu.

Dijelaskannya, rata-rata warga memasukkan uang ke dalam kotak sebesar Rp2.000. "Setelah ramai itu (viral video Erick Thohir), rada berkurang sih. Ya ada juga yang masukin Rp5.000. Tapi kalau nggak masukin juga nggak apa-apa," ujar dia.

Hal serupa juga terlihat di SPBU yang ada di Jatipamor, Kecamatan Majalengka. Di sana tidak terlihat pengumuman gratis bagi warga yang menggunakan toilet.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: