TNI Tambah 3 Kekuatan Ranpur, Ini Kecanggihannya saat Halau Musuh 

Arif Budianto · Rabu, 15 Juni 2022 - 17:27:00 WIB
TNI Tambah 3 Kekuatan Ranpur, Ini Kecanggihannya saat Halau Musuh 
Helikopter AS565 MBe Panther Full Mission AKS mampu mendeteksi keberadaan kapal selam. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - TNI baru saja menerima tiga ranpur berupa pesawat CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) Full Mission dan dua Helikopter AS565 MBe Panther Anti Kapal Selam (AKS) Full Mission. Lalu bagaimana spesifikasi tiga ranpur tersebut. 

Dalam keterangan resmi PTDI, pesawat CN235-220 MPA dengan tail number AX-2349 ini merupakan pesawat ke-6 yang dikirimkan PTDI untuk TNI Angkatan Laut sejak tahun 2013. Secara khusus difungsikan sebagai pesawat patrol maritim, dibekali dengan Mission System yang terintegrasi ke dalam Mission Management System (MMS) dari Nexeya. 

Juga beberapa perangkat pendukung misi seperti High Performance Search Radar dengan kemampuan deteksi sejauh 200 Nautical Mile (NM) yang dapat melakukan surveillance atas wilayah permukaan laut secara continue 360 derajat ke segala arah.

Dengan tambahan kemampuan Synthetic Aperture Radar (SAR) dan Inverse Synthetic Aperture Radar (ISAR), maka Search Radar yang terpasang dapat memberikan kemampuan tidak hanya mendeteksi keberadaan target, tetapi juga dapat memberikan tampilan citra dari target sejauh 60 NM, jauh sebelum adanya visual contact.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: