Terimbas Refocusing, 300 Kelompok Ternak di KBB Gagal Dapat Bantuan Domba

Adi Haryanto ยท Rabu, 17 November 2021 - 13:49:00 WIB
Terimbas Refocusing, 300 Kelompok Ternak di KBB Gagal Dapat Bantuan Domba
Sebanyak 300 kelompok ternak di Kabupaten Bandung Barat gagal mendapat bantuan domba akibat refocusing anggaran. (Foto: Dok)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sebanyak 300 kelompok ternak di Kabupaten Bandung Barat (KBB) gagal mendapat bantuan domba akibat kebijakan refocusing. Dari total 500 kelompok ternak, hanya 200 yang lolos verifikasi.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan), KBB, Asep Dini mengatakan, awalnya ada 500 kelompok ternak yang mengajukan untuk dapat bantuan. Setelah diverifikasi ada refocusing bantuan sehingga kuotanya hanya bagi 200 kelompok. 

"Sebelum ada refocusing anggaran karena pandemi Covid-19, kuota bantuan untuk 500 kelompok ternak. Tapi kini alokasinya hanya untuk 200 kelompok yang sudah terverifikasi," ucapnya, Rabu (17/11/2021).

Para kelompok ternak tersebut melakukan pengajuan melalui Sistem Informasi Perencanaan Daerah (SIPD) sejak tahun lalu. Kriterianya adalah kelompok harus benar-benar eksis, sesuai domisili, bukan ASN, anggota TNI, atau Polri yang masih aktif. 

Menurutnya, bantuan yang akan diberikan kepada ratusan kelompok ternak yang tersebar di 16 kecamatan tersebut sebanyak 4.000 ekor domba garut. Masing-masing kelompok ternak akan mendapat bantuan sesuai pengajuan yang diusulkan dalam SIPD. 

"Melalui bantuan ini kami ingin masyarakat yang bergerak dibidang peternakan dapat kembali meningkatkan perekonomiannya yang dalam dua tahun terakhir terpukul akibat pandemi Covid-19," tuturnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: