5 Tempat Ibadah Kristen di Bandung Jawa Barat, Ada yang Berusia 100 Tahun

Zahra Diva Fakhirah ยท Selasa, 14 Desember 2021 - 19:20:00 WIB
5 Tempat Ibadah Kristen di Bandung Jawa Barat, Ada yang Berusia 100 Tahun
Gereja Katedral Bandung Jawa Barat salah satu gereja tertua di Kota Kembang. (Foto: SINDOnews)

BANDUNG, iNews.idTempat Ibadah Kristen di Bandung, Jawa Barat perlu diketahui umat Kristen di Bandung untuk beribadah terutama dalam perayaan Natal tahun ini.

Indonesia dikenal dengan sebutan Bhineka Tunggal Ika di mana masyarakatnya bersifat heterogen mulai dari kebudayaannya hingga kepercayaan yang dianut. 

Kepercayaan atau agama yang dianut masyarakat Indonesia cukup beragam. Seperti contohnya umat kristiani, dalam melakukan ibadah, tentunya umat Kristen memerlukan tempat khusus untuk beribadah agar dapat terhubung dengan Tuhan (3/12/21).

Berikut 5 tempat ibadah Kristen di Bandung Jawa Barat dirangkum iNews.id:

1. Gereja Bethel

Gereja Bethel ini dibangun pada tahun 1924 merupakan gereja Protestan tertua di Kota Bandung. Walaupun usia gereja ini sudah hampir 100 tahun, namun kemegahan bangunannya masih terpampang nyata. Gereja ini dirancang oleh CP Wolff Schoemaker. 

Gereja Bethel Bandung Jawa Barat. (Foto: ist)
Gereja Bethel Bandung Jawa Barat. (Foto: ist)

Gereja ini memiliki Menara jam yang menjadi ciri khas bangunan bergaya art deco ini. Pada awalnya gereja ini bernama “De Niewe Kerk” yang berarti “Gereja Baru”, namun pada 1964 diubah menjadi “Bethel” yang bermakna “Rumah Tuhan” atau “Gerbang Surga”.

Gereja Bethel Bandung beralamat di Jalan Wastukencana No.1, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. 

2. Gereja Kristen Indonesia (GKI Jawa Barat)

Tempat ibadah Kristen ini merupakan gereja Kristen Protestan di Indonesia dengan kantor pusat di Jakarta namun terdapat 9 klasis yang berada di wilayah Bandung terdiri atas GKI Kebonjati Bandung, GKI Maulana Yusuf Bandung, GKI Gatot Subroto Bandung, GKI Pasirkaliki Bandung, GKI Ayudia Bandung, GKI Guntur Bandung, GKI Pasirkoja Bandung, GKI Sudirman Bandung, GKI Cimahi.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: