Target Testing Harian dan Vaksinasi Covid-19 di KBB Sulit Tercapai, Ini Kendalanya

Adi Haryanto ยท Kamis, 29 Juli 2021 - 19:29:00 WIB
Target Testing Harian dan Vaksinasi Covid-19 di KBB Sulit Tercapai, Ini Kendalanya
Warga KBB disiplin prokes saat menunggu giliran disuntik vaksin Covid-19. (Foto: iNews/Yuwono Wahyu)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Target tes Covid-19 bagi 3.622 orang sesuai arahan Pemprov Jabar masih sulit dilakukan di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Begitu pun dengan vaksinasi sebanyak 11.000 dalam sehari juga masih belum bisa diwujudkan. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes), KBB, Nurul Rasyihan, mengatakan ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab sulitnya target testing dan vaksinasi harian sulit tercapai.

"Banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19, itu jadi salah satu kendala. Jadi beban kerja nakes yang ada di lapangan terporsir," ucapnya, Kamis (29/7/2021).

Permasalahan lainnya, kata dia, masih adanya penolakan dari masyarakat terhadap tes Covid-19. Masyarakat sekarang justru lebih memilih untuk divaksinasi Covid-19 daripada menjalani tes antigen ataupun PCR. 

Terkadang ada juga yang positif tapi tidak melapor, khususnya ketika swab antigen yang dilakukan pihak swasta. Setelah keluar hasil banyak yang tidak melaporkan. Sehingga terkadang pihaknya dapat laporan yang positif dari desa, baru dikroscek dan ditangani. 

Namun pihaknya tetap berupaya mengejar target testing harian yang sudah dicanangkan dengan mengefektifkan SDM yang ada. Misalnya membagi per puskesmas jatahnya sekitar 100-150 orang, sehingga dengan ada 32 puskesmas semoga bisa terkejar. 

"Untuk vaksinasi agak sulit, karena ketersediaan vaksinnya juga. Misalnya untuk memenuhi target 11.000/hari, maka 32 puskesmas minimal bisa melakukan vaksinasi 400/sehari," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi