Tangkal Hoaks selama Pemilu 2024, Jabar Bentuk Unit Saber dan Komisi Informasi di 27 Daerah

Agung Bakti Sarasa ยท Kamis, 14 Juli 2022 - 19:46:00 WIB
Tangkal Hoaks selama Pemilu 2024, Jabar Bentuk Unit Saber dan Komisi Informasi di 27 Daerah
Pemprov Jabar membentuk Saber Hoaks dan Komisi Informasi di semua daerah untuk menangkap hoaks selama Pemilu 2024. (Foto: iNews.id)

BANDUNG, iNews.id - Pemprov Jawa Barat bakal membentuk Unit Jabar Saber Hoaks (JSH) dan Komisi Informasi (KI) di 27 kabupaten/kota di Provinsi Jabar. Pembentukan dua unit kerja itu untuk menangkal berita bohong atau hoaks selama Pemilu 2024 berlangsung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Jabar Ika Mardiah mengatakan, JSH dan KI akan semakin optimal jika lebih dekat dengan masyarakat yang dilayaninya.

"Apalagi menjelang tahun politik (Pemilu 2024) diprediksi akan banyak informasi negatif tidak bisa dipertanggungjawabkan atau hoaks. Jadi kami mereplikasi unit Pemprov Jabar ke kabupaten/kota untuk memenuhi hak masyarakat menerima informasi yang benar," tutur Ika, Kamis (14/7/2022). 

Ika Mardiah menyatakan, pembetukan JSH dan KI di semua kabupaten/kota merupakan kewajiban pemerintah untuk menyajikan layanan informasi kepada masyarakat. "Masyarakat berhak menerima atau meminta informasi yang benar," ujar Ika Mardiah. 

Kadiskominfo Jabar menuturkan, rencana pembentukan JSH dan KI di setiap kabupaten/kota di Jabar juga telah disampaikan Ika dalam Rapat Koordinasi Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo se-Jabar yang dikemas dalam acara IKP Fest 2022 di Kabupaten Pangandaran, Rabu (13/7/2022) malam. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: