Tanah Satu Kampung Bergerak, Lantai Puluhan Rumah di Ciamis Terbelah dan Terangkat

Acep Muslim · Rabu, 06 Januari 2021 - 13:00:00 WIB
Tanah Satu Kampung Bergerak, Lantai Puluhan Rumah di Ciamis Terbelah dan Terangkat
Lantai rumah warga Kampung Cimulu, Desa Indragiri, Kecamatan Panwangan, Kabupaten Ciamis, terangkat dan sebagian terbelah akibat pergerakan tanah sejak beberapa hari lalu. iNews.id/Acep Muslim 

CIAMIS, iNews.id - Lantai puluhan rumah di Kampung Cimulu, Desa Indragiri, Kecamatan Panwangan, Kabupaten Ciamis, mendadak terangkat dan terbelah, Rabu (6/1/2021). Warga pun panik dan ketakutan dengan bangunan rumah yang sewaktu-waktu ambruk menimpa mereka.

Warga langsung berkemas dan bergegas mengosongkan tempat tinggalnya untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Mereka tidak mau mengambil risiko untuk tetap tinggal dengan kondisi rumah seperti itu. 

Selain itu, muncul kekhawatiran pergerakan tanah akan semakin meluas yang berakibat fatal, baik kepada warga maupun rumah lain. Mereka berharap ada langkah-langkah kongrit dari pemerintah dalam mengatasi bencana alam ini.

Menurut pengakuan warga, peristiwa gerakan tanah terjadi terus-menerus sejak Jumat (1/1/2021). Pergerakan tanah ini menyebabkan lantai bangunan di atasnya terbelah dan terangkat. 

"Kami sangat khawatir dengan konidi rumah. Terlebih hujan masih terus mengguyur yang dipastikan bisa memoerparah keadaan," ungkap Maman, warga setempat.

Saat ini terdapat 22 rumah yang mengalami kerusakan. Delapan rumah warga dan satu tempat ibadah mengalami rusak berat. Sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa, termasuk kerugian materil akibat kerusakan yang ditimbulkan.
       

Editor : Asep Supiandi