Tanah di Tegalwaru Purwakarta Masih Bergerak, Sebagian Warga Enggan Mengungsi

Asep Supiandi · Senin, 08 Februari 2021 - 15:23:00 WIB
Tanah di Tegalwaru Purwakarta Masih Bergerak, Sebagian Warga Enggan Mengungsi
Tanah di kampung CIrangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta masih terus bergerak. Sementara sebagian warga memilih bertahan di rumah atau tidak mengungsi. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id- Sebagian warga Kampung Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, memilih tetap bertahan di atas lahan yang terus bergerak. Meskipun pemerintah setempat sudah meminta warga agar mengungsi sementara ke rumah kerabatnya terdekat.    

Bahkan, per pukul 12.00 WIB pun kembali terjadi gerakan tanah susulan hingga membuat dua rumah warga mulai ambles. Beberapa petugas dari TNI dan Polri serta aparat desa pun langsung memperingatkan warga agar waspada lantaran gerakan tanah kemungkinan akan terus terjadi.

Apalagi hujan lebat yang mengguyur beberapa hari terakhir dikhawatirkan menjadi pemicu gerakan tanah susulan yang lebih besar. Situasi dan kondisi seperti itu tentunya membahayakan warga yang masih bertahan di rumah.

Camat Tegalwaru, Beny Primiadi, mengatakan, terdapat dua wilayah RT yang terdampak gerakan tanah. Sejak 2019 lalu, pergeseran tanah sudah terjadi. Hanya saja pada waktu itu pergeserannya perlahan. Berbeda dengan yang terjadi pada Minggu (7/2/2021), tanah bergerak cepat sehingga mengakibatkan sejumlah rumah rusak.

"Pada waktu itu juga sudah direkomendasikan agar warga direlokasi ke tempat lain. Tapi banyak di antara warga yang tetap bertahan. Termasuk kejadian kemarin, ada juga warga yang belum mengungsi. Alasannya rumah masih aman untuk ditempati,"kata Beny kepada MNC Portal Indonesia, Senin (8/2/2021).

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2