Tak Perlu Calo dan Antre, Pendaftaran Uji KIR di KBB Sudah Berbasis Online 

Adi Haryanto · Kamis, 12 Agustus 2021 - 19:45:00 WIB
Tak Perlu Calo dan Antre, Pendaftaran Uji KIR di KBB Sudah Berbasis Online 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), KBB, Lukmanul Hakim. (Foto: Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Warga di Kabupaten Bandung Barat tidak lagi perlu mengantre dan menggunakan calo untuk pengujian KIR kendaraan. Hal itu dilakukan menyusul diterapkannya pendaftaran secara online bagi masyarakat.

"Masyarakat yang mau uji KIR bisa mendaftar online melalui aplikasi AKURAT (Aplikasi KIR Bandung Barat)," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KBB, Lukmanul Hakim, Kamis (12/8/2021).

Dia menjelaskan, masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan tersebut bisa mengakses melalui gawai. Dikarenakan hampir semua warga memiliki HP, maka aplikasi ini memberikan kemudahan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Melalui aplikasi tersebut diharapkan dapat mengurangi antrean di UPTD Pengujian Kendaraan Dishub KBB yang betada di Cikamuning, Padalarang, khususnya dimasa pemberlakuan PPKM seperti saat ini.

"Masyarakat yang hendak menguji kendaraan juga sudah terjadwalkan. Mereka bisa datang sesuai waktu yang telah ditentukan sehingga lebih efektif dan efisien," ujarnya. 

Dia meminta masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menguji KIR kendaraan secara berkala. Hal tersebut dinilai penting guna memastikan kendaraan laik dan aman untuk digunakan, baik angkutan barang maupun orang.

Selain itu, lanjut dia, kehadiran pelayanan online juga dinilai mampu menekan angka perilaku korupsi di lokasi pengujian KIR yakni berupa pungutan liar (pungli). Sebab kode pembayaran akan disertakan, sehingga pemilik kendaraan mengetahui jumlah yang harus dibayarnya. 

"Pelayanan online ini menutup ruang terjadinya pungli di lapangan, sebab meminimalisasi adanya interaksi langsung petugas dan pemilik kendaraan," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: