Tak Miliki NIK, 200 Warga Binaan Lapas Subang Gagal Divaksin 

Yudy Heryawan Juanda · Senin, 26 Juli 2021 - 14:29:00 WIB
Tak Miliki NIK, 200 Warga Binaan Lapas Subang Gagal Divaksin 
Warga binaan Lapas Kelas II2 Subang sedang menjalani vaksinasi Covid-19. (Foto: iNewsTv/Yudy Heyawan Juanda)

SUBANG, iNews.id - Sebanyak 200 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Subang, gagal menjalani vaksinasi Covid-19, Senin (26/7/2021). Mereka tidak mendapat vaksinasi karena belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, pihak Lapas menurunkan tim Inafis dari Polres Subang untuk mengecek dokumen kependudukan setiap warga binaan. Sebagian besar dari mereka ternyata tidak memilik e-KTP dan harus dicek melalui sidik jari oleh petugas kepolisian. Hasilnya, 200 orang diketahui belum pernah melakukan perekaman e-KTP.

Menurut Kalapas Subang, Tommi Hendri, dalam proses vaksinasi ini setiap warga binaan harus memiliki dokumen kependudukan yaitu NIK. Pasalnya, warga binaan yang masuk ke lapas tidak disertai dengan KTP. Sehingga baru 400 warga binaan yang mendapatkan vaksin.

"Itu pun sebagiannya hasil dari identifikasi menggunakan alat dari Inafis Polres Subang untuk mengetahui NIK," kata Tommi.

Kalapas berharap, dengan dilakukannya vaksinasi terhadap warga binaan ini dapat meminimalisasi penularan Covid-19 di lingkungn Lapas Subang.

Sementara itu, ratusan warga binaan di Lapas Kelas IIA Subang mendapatkan Vaksin Covid-19 sepanjang pagi hingga siang. Kegitan ini pun merupakan kerja sama antara Lapas Subang dengan Pengadilan Negeri Subang dalam rangka hari ulang tahun ke-76 Mahkamah Agung.

Editor : Asep Supiandi