TACB Indramayu Minta Masyarakat Hentikan Pencarian Harta Karun di Situs Bersejarah

Antara, Andrian Supendi ยท Selasa, 01 November 2022 - 15:16:00 WIB
TACB Indramayu Minta Masyarakat Hentikan Pencarian Harta Karun di Situs Bersejarah
TACB Indramayu, TNI, dan Polri, mengecek lokasi situs makam bersejarah yang dirusak pemburu harta karun. (FOTO: ANDRIAN SUPENDI)

INDRAMAYU, iNews.id - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, bersama TNI, Polri, dan dinas kebudayaan meminta masyarakat menghentikan mencari harta karun di situs bersejarah. Tindakan mencari harta karun hingga merusak itu terjadi di situs Benggala Benggali, makam Bupati Indramayu keempat sampai keenam.

"Kami menerima laporan terkait penggalian situs bersejarah oleh warga yang sedang mencari harta karun," kata Ketua TACB Kabupaten Indramayu Dedy S Musashi.

Dedi S Musashi menyatakan, TACB menelusuri laporan itu dan ternyata benar, warga melakukan penggalian liar atau tidak berizin untuk mencari benda-benda pusaka.

"Warga menggali makam dengan kedalaman kurang lebih 2,5 meter menggunakan cangkul dan linggis untuk mencari harta karun. Perusakan dilakukan dengan cara menggali tanah kedalaman 2,5 meter, menggunakan cangkul dan linggis," ujarnya.

Dari hasil survei permukaan di lokasi, ujar Dedi Musashi, ditemukan bata berukuran besar dan bekas nisan kayu. Pelaku perusakan bernama Novel Kholid dan kemudian membuat surat pernyataan di atas meterai untuk tidak melakukan tindakan serupa.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: