Syekh Ali Jaber Meninggal, Para Pecinta Alquran di Indonesia Berduka

Tim MNC Portal · Kamis, 14 Januari 2021 - 20:15:00 WIB
Syekh Ali Jaber Meninggal, Para Pecinta Alquran di Indonesia Berduka
Syekh Ali Jaber. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id – Kepergian Syekh Ali Jaber untuk selamanya, menyisakan duka dan kehilangan mendalam bagi para pecinta Alquran. Mereka menyampaikan ucapana duka cita atas meninggalnya kelahiran Madinah, Arab Saudi itu.

Semasa hidup, Syekh Ali Jaber dikenal sebagai  ulama besar Tanah Air yang memiliki cita-cita lahir berjuta hafiz atau penghafal Alquran di Indonesia.

Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan, siapapun pecinta Alquran sangat kehilangan dan berduka cita atas wafatnya Syeikh Ali Jaber di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, hari ini pada 08:30 WIB. 

“Inna lilahi wa inna ilaihi rojiun. Siapapun pecinta Alquran sangat kehilangan dan berduka cita atas wafatnya Syekh Ali Jaber,” kata Abdul Mu’ti kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (14/1/2021).  

Apalagi, kata Abdul Mu’ti, cita-cita Syekh Ali Jaber adalah mencetak berjuta hafiz Alquran di Indonesia. “Cita-cita beliau mencetak berjuta hafiz Alquran sungguh mulia,” katanya.

Dengan meninggalnya Syekh Ali Jaber, cita-cita ini dinilai belum tercapai. Namun, ia yakin akan lahir para pendidik hafiz Alquran lainnya. Meneruskan cita-cita Syekh Ali Jaber.

“Cita-cita itu belum tercapai. Tapi, saya yakin akan lahir para pendidik hafiz Alquran yang lainnya. Selamat jalan Syekh Ali Jaber. Semoga Allah mengampuni semua dosamu dan menempatkanmu di surga An-Naim,” ujar Abdul Mu’ti.  

Diberitakan sebelumnya, Umat Islam Indonesia menerima kabar duka, Syekh Ali Jaber, pendakwah asal Madinah, Arab Saudi, meninggal dunia di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, hari ini Kamis (14/1/2021). "Syaikh Ali Jaber wafat di RS Yarsi, jam 8.30. Mohon do'anya," tulis Ustad Yusuf Mansyur, Kamis (14/1/2021).

Syekh Ali Jaber sebelumnya memang dirawat di rumah sakit karena terpapar Covid-19. Bahkan dia sempat dipasang alat bantu pernapasan di rumah sakit. Pria yang belasan tahun terakhir mengisi khasanah dakwah Islam di Tanah Air itu kerap tampil menjadi juri pada acara hafiz dan menjadi dai di berbagai stasiun televisi nasional.

Syekh Ali Jaber lahir di Madinah, Arab Saudi 3 Februari 1976. Dia memiliki sorang istri Umi Nadia yang dinikahi pada 2008 dan memiliki anak bernama Hasan. Penulis buku Cahaya dari Madinah ini memiliki empat saudara kandung, yaitu, Muhammad Saleh Jaber, Ahmad Jaber, Anas Jaber, dan Husain Jaber.

Tiga bulan terakhir nama Syekh Ali Jaber menjadi buah bibir warga Jawa Barat setelah dia mengangkat Muhammad Gifari Akbar sebagai anak. Akbar merupakan pemulung yang fotonya sedang membaca Alquran di tepi Jalan Braga viral di media sosial.

Editor : Agus Warsudi