Suara Kurang Jernih, BPBD Sukabumi Minta Sirine Tsunami Banyak Dipasang di Palabuhanratu 

Dharmawan Hadi · Kamis, 26 Agustus 2021 - 21:27:00 WIB
Suara Kurang Jernih, BPBD Sukabumi Minta Sirine Tsunami Banyak Dipasang di Palabuhanratu 
Tower sirine tsunami. (Foto: ilustrasi)

SUKABUMI, iNews.id - Suara sirine peringatan dini bencana tsunami yang dipasang di Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, kurang jernih. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi meminta sirine dipasang lebih banyak di sepanjang pantai.

Kepala BPBD Sukabumi Anita Anita mengatakan, sirine yang dipasang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Pantai Palabuhanratu, Desa Citepus dan dan Geopark Information Center (GIC) Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi masih berfungsi. Namun, saat diuji coba, suaranya kurang jernih. 

"Tapi ada sedikit kendala memang. Suara yang dihasilkan kurang jernih. PR buat kami, BMKG dan BPBD bagaimana meningkatkan lagi kualitas suara sirine agar keberadaan alat peringatan dini tsunami ini bermanfaat untuk masyarakat saat terjadi bencana," kata Kepala BPBD Sukabumi, Kamis (26/8/2021). 

Anita menyatakan, berdasarkan pengamatan, sepanjang pantai di kawasan Palabuhanratu butuh alat pengeras suara peringatan dini tsunami. Karena itu, diharapkan alat seperit ini dipasang lebih banyak di beberapa titik.

"Ini kan dua titik. Ke depan, harapan kami bisa memasang di beberapa titik lagi karena Palabuhanratu rawan terjadi bencana. Kemudian, jangkauan suara kalau gak salah radius dua kilometer terdengar, ya harapannya bisa menjangkau lebih luas kalau alat itu lebih banyak," ujar Anita.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: