Soal Lembang Bakal Pisah dari KBB Jadi Kota, Bupati Aa Umbara: Enggak Setuju

Adi Haryanto ยท Jumat, 06 November 2020 - 08:30:00 WIB
Soal Lembang Bakal Pisah dari KBB Jadi Kota, Bupati Aa Umbara: Enggak Setuju
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Foto/Dok.SINDOnews

BANDUNG BARAT, iNews.id - Rencana pemekaran wilayah Lembang dari Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat menjadi kota bakal menemui jalan terjal. Pasalnya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menolak rencana tersebut.

Bahkan orang nomor 1 di KBB ini bersikukuh akan mempertahankan Lembang sebagai bagian dari KBB. "Jangan buru-buru. Meski Pemprov Jabar mengusulkan ke pusat, bapak (Bupati Bandung Barat) gak setuju wacana pembentukan Kota Lembang. Harus dipikirkan matang-matang," kata Bupati, Kamis (5/11/2020).

Sebagai orang Lembang, ujar Aa Umbara, menilai kawasan wisata ini masih layak menjadi bagian KBB. Apalagi di masa kepemimpinannya yang baru dua tahun masih banyak yang harus dilakukan. Bukan hanya membangun Kecamatan Lembang, tapi 15 kecamatan lain di KBB yang tersebar di utara, selatan, dan barat.

Apalagi, sejauh ini Lembang sudah menjadi ikon KBB dengan keberadaan objek wisatanya yang beragam. Lembang juga menjadi kawasan potensial mengingat sebagian besar pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bandung Barat berasal dari Lembang.

Baru sekarang Pemda KBB, sedang memikirkan pengembangan wilayah selatan. "Masih banyak yang harus dilakukan demi memajukan Bandung Barat. Jadi wacana pemekaran Kota Lembang bapak (Bupati Aa Umbar) anggap tidak tepat," ujar Aa Umbara.

Editor : Agus Warsudi