Soal Aturan Pengeras Suara Masjid, MUI Cimahi Menilai SE Menag Upaya Jaga Kerukunan

Adi Haryanto ยท Rabu, 23 Februari 2022 - 20:23:00 WIB
Soal Aturan Pengeras Suara Masjid, MUI Cimahi Menilai SE Menag Upaya Jaga Kerukunan
Kemenag membuat aturan tentang pengeras suara masjid dan musala. Aturan ini merupakan upaya menjaga kerukunan di masyarakat. (FOTO: iNews.id)

CIMAHI, iNews.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cimahi menilai positif Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE 05 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala. SE Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu upaya menjaga kerukunan, keharmonisan, dan ketentraman antarwarga masyarakat, terlebih di Cimahi, penduduknya heterogen. 

"Esensinya kan bagaimana menghargai satu sama lain di antara umat beragama, agar ibadah yang dilakukan tidak mengganggu orang yang tidak seagama," kata Sekretaris Umum MUI Kota Cimahi Yayan Rohyana, Rabu (23/2/2022).

Yayan menyatakan, surat edaran itu bukan aturan baru karena sebelumnya sudah ada yang hampir mirip mengatur soal tersebut. Hanya dengan visi Kementerian Agama sekarang, seperti moderasi beragama, peningkatan toleraansi, dan lain-lain, pengaturan pengeras suara di masjid juga dalam rangka mewujudkan hal tersebut. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: