Situ Sanghyang Lawang Cipongkor KBB Didorong Jadi Desa Wisata

Adi Haryanto · Kamis, 28 Januari 2021 - 10:00:00 WIB
Situ Sanghyang Lawang Cipongkor KBB Didorong Jadi Desa Wisata
Situ atau Danau Sanghyanglawang di Desa Mekarsari, Kecamatan Cipongkor, KBB. (Foto: Disparbud KBB)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggali potensi desa wisata. Salah satu yang dikembangkan adalah destinasi Situ (Danau) Sanghyang Lawang di Desa Mekarsari, Kecamatan Cipongkor, KBB, Jawa Barat.

Kepala Disparbud KBB Sri Dustirawati mengatakan, keberadaan desa wisata dapat menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat.

"Desa wisata ini selaras dengan program Kemenpar Ekraf dalam pemberdayaan masyarakat, komunitas pariwisata, ekonomi kreatif, dan pelaku seni budaya," kata Sri, Rabu (27/1/2021).

Sri mengemukakan, telah berkeliling ke semua desa di KBB dan melihat potensi wisata yang bisa dikembangkan. Sebab syarat desa wisata adalah potensi daerah, dukungan dari masyarakat, dan pemerintahan desa yang memiliki visi misi pengembangan pariwisata. 

Seperti potensi wisata Sanghyang Lawang di Desa Mekarsari, Kecamatan Cipongkor, KBB. Disparbud KBB bersama desa, bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata berusaha mengembangkannya. Sebab wisata air Saguling tersebut sangat potensial, kawasannya masih asri, dan airnya jernih.

"Di sana juga ada potensi bambu dan jagung melimpah. Sehingga bisa dibuat wisata tematik dan ekonomi kreatif, membuat kerajinan dari bambu atau pengolahan jagung menjadi tepung sehingga meningkatkan nilai jual," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2