Sindikat Narkoba Timur Tengah di Petamburan Terindikasi Danai Terorisme

Helmi Syarif · Rabu, 23 Desember 2020 - 18:15:00 WIB
Sindikat Narkoba Timur Tengah di Petamburan Terindikasi Danai Terorisme
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo dan Kabid Humas Kombes Pol Yusri Yunus menunjukkan barang bukti 201 sabu yang diamankan dari sebuah hotel di Petamburan, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya menemukan indikasi sindikat narkotika Timur Tengah yang dibekuk di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, menggunakan dana hasil peredaran dan penjualan narkoba jenis sabu untuk membiayai kegiatan terorisme. Indikasi tersebut diperoleh setelah penyidik memeriksa intensif 11 tersangka.

“Indikasinya ini jaringan internasional yang dananya digunakan untuk pembiayaan terorisme di sana (Timur Tengah). Saya tegaskan lagi apa ada dugaan di sini dengan jaringan terorisme di Indonesia? Kami masih dalami dan kembangkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Rabu (23/12/2020). 

Kombes Pol Yusri Yunu mengekukakan, dari pemeriksaan ditemukan indikasi ke arah sana (mendanai aksi terorisme) karena ini diduga ada pasokan dana hasil penjualan sabu tersebut yang dikirim untuk membiayai jaringan teroris Timur Tengah. 

Penyidik Ditres Narkota Polda Metro Jaya juga menemukan indikasi sindikat narkotika di Petamburan ini berafiliasi dengan kelompok teroris di Timur Tengah. 

"Hal ini (indikasi berafiliasi dengan kelompok teroris) didapatkan dari kode yang tertera dalam barang haram tersebut yaitu 555 yang menjadi kode teroris," ujar Kombes Pol Yusri.

Editor : Agus Warsudi