Simak Tips Berkendara Aman saat Hujan Lebat di Tol Cipularang

Asep Supiandi ยท Jumat, 30 Oktober 2020 - 20:30:00 WIB
Simak Tips Berkendara Aman saat Hujan Lebat di Tol Cipularang
Jalan Tol Cipularang yang mempercepat waktu tempuh Jakarta-Bandung. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi

PURWAKARTA, iNews.id - Semua orang pasti mengenal Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) yang membelah tiga kabupaten di Jawa Barat, yakni Kabupaten Karawang, Purwakarta dan Bandung Barat. Banyak cerita kelam terkait kerap terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan tol yang mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Bandung itu.

Kondisi medan jalan yang banyak tikungan tajam, turunan curam, dan tanjakan, menjadikan jalan tol ini cukup rawan kecelakaan bagi pengendara yang mengantuk atau ugal-ugalan saat berkendara. Apalagi di musim hujan saat ini.

Jika tak berhati-hati, bisa-bisa nasibnya tinggal sejengkal ke kuburan. Angin samping seperti saat cuaca ekstrem dan hujan lebat, sering terjadi di jalan Tol Cipulang.

Nah, Kepala Induk PJR Tol Cipularang Kepala AKP Stanly Soselisa berbagi tips agar aman saat berkendara di tengah hujan lebat di Tol Cipularang.

Kepala Induk PJR Tol Cipularang Kepala AKP Stanly Soselisa. Foto/Istimewa
Kepala Induk PJR Tol Cipularang Kepala AKP Stanly Soselisa. Foto/Istimewa

Simak tipsnya:

1. Waspadai aquaplaning, kondisi terbentuknya lapisan air antara ban mobil dan permukaan jalan akibat sisa air hujan/genangan air. Kecepatan kendaraan harus dikurangi maksimal 80 km per jam dan minimal 60 km per jam. Akan tetapi ketika hujan lebat batas kecepatan kendaraan antara 20-40 km per jam.


Editor : Agus Warsudi