Sidang Perdana Kasus Video Vina Garut, 3 Terdakwa Tak Ajukan Eksepsi

Ii Solihin ยท Kamis, 28 November 2019 - 18:15 WIB
Sidang Perdana Kasus Video Vina Garut, 3 Terdakwa Tak Ajukan Eksepsi
Ketiga terdakwa kasus video asusila Vina Garut saat menjalani sidang perdana di PN Garut.(Foto: iNews/Ii Solihin)

GARUT, iNews.idSidang perdana kasus video Vina Garut untuk pertama kalinya digelar Pengadilan Negeri (PN) Garut, Kamis (28/11/2019). Persidangan yang semula dijadwalkan pukul 09.00 WIB molor hingga lima jam dan dilakukan secara tertutup.

Pantauan iNews, sidang ini dihadiri ketiga terdakwa yakni Vina Aprilianti, Wely dan Dodi dengan didampingi kuasa hukumnya. Mereka dibawa petugas dari sel tahanan ke Ruang Sidang Garuda.

Kemunculan Vina menyedot perhatian suasana persidangan. Dia tampil memakai pakaian putih berbalut rompi oranye dan mengenakan hijab serta menutupi wajah dengan masker.

Sebelum sidang dimulai, istri terdakwa Wely jatuh pingsan. Petugas pun mengevakuasinya ke ruang kesehatan PN Garut. Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU) berlangsung sekitar satu jam.

BACA JUGA: 5 Fakta Video Mesum Gangbang di Garut, dari Biduan Dangdut hingga Mantan Suami

Di mana seusai persidangan, yang pertama keluar dari ruangan yakni terdakwa Vina didampingi kuasa hukumnya. Mereka tak melakukan eksepsi atau keberatan atas dakwaan yang disampaikan.

“Klien kami (Vina) dituntut pasal turut serta. Klien kami jelas korban namun dipaksakan menjad pelaku. Polresta Garut tak melihat perspektif korban. Ini miris. Kasus Vina ini hanya gunung es. Banyak kasus seperti Vina lainnya, orang-orang yang menjadi korban justru dijadikan terdakwa,” ujar kuasa hukum terdakwa Vina, Asri Vidya Dewi, Kamis (28/11/2019).

Sementara terdakwa Dodi usai sidang meminta maaf kepada publik.

“Semoga kasus saya ini agar jadi contoh bagi yang lain jika apa yang saya lakukan salah. Semoga kasus kami cepat selesai dan diadili dengan seadil-adilnya.


Editor : Donald Karouw