Semua Desa di Jabar Ditarget Punya BUMDes pada 2023, Ridwan Kamil: 2 Tahun Ini Kita Kebut

Agung Bakti Sarasa ยท Jumat, 26 November 2021 - 22:28:00 WIB
Semua Desa di Jabar Ditarget Punya BUMDes pada 2023, Ridwan Kamil: 2 Tahun Ini Kita Kebut
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat membuka Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN-BUMD-BUMDes Jabar di Hotel Preanger, Kota Bandung, Jumat (26/11/2021). (Foto/Pemprov Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan seluruh desa di Jabar memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada 2023 agar perputaran ekonomi desa bisa lebih maju. Untuk mewujudkan target itu, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) didorong berkolaborasi dengan BUMDes.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan sinergi antara BUMDes dengan BUMN-BUMD. "Hari ini penandatanganan kerja sama karena Jawa Barat menargetkan 100 persen desa-desanya sudah punya BUMDes 2023 nanti," kata Ridwan Kamil dalam acara Pembukaan Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN-BUMD-BUMDes Jabar di Hotel Preanger, Kota Bandung, Jumat (26/11/2021).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan, di era kepemimpinannya, sudah lahir sekitar 1.400 BUMDes. Adapun jumlah desa di Jabar mencapai 5.300 desa. 

"Selama saya memimpin, ada sekitar 1.400 BUMDes lahir. Insya Allah di dua tahun kita kebut, sehingga semua desa punya badan usaha," ujar Kang Emil. 

Setelah terbentuk, BUMDes ini nanti dibagi ke dalam beberapa kelompok yang mengacu pada besaran omzet yang didapat oleh BUMDes tersebut.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: