Sempat Kehabisan Stok, Vaksin Covid-19 di Majalengka Kini Berlimpah

Inin nastain · Senin, 25 Oktober 2021 - 12:31:00 WIB
Sempat Kehabisan Stok, Vaksin Covid-19 di Majalengka Kini Berlimpah
Kadinkes Majalengka Harizal Harahap. (Foto: MPI/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Setelah sempat kehabisan stok, persediaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Majalengka saat ini berlimpah. Vaksin dengan berbagai jenis itu kini bisa melayani masyarakat hingga 10 hari ke depan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Harizal Harahap mengatakan, saat ini ada sekitar 200.000 vaksin dari berbagai jenis. Vaksin-vaksin tersebut bisa digunakan untuk semua golongan, dari mulai remaja hingga lansia.

"Vaksin kita banyak, sekarang ada 200.000 lebih. Kita bisa cukup sampai 10 hari ke depan. Itu berbagai jenis, tapi lebih banyak Pfizer dan Sinovac. Bisa digunakan untuk semua kalangan," kata Harizal, Senin (25/10/2021).

Dengan banyaknya persediaan vaksin, Harizal menjelaskan, saat ini yang menjadi fokus adalah menggerakkan masyarakat. Kosongnya vaksin beberapa waktu lalu, diakui dia, sempat membuat down semangat mereka untuk menjalani vaksinasi.

"Sekarang tinggal penggerakan masyarakat saja. Masyarakat ada yang belum tahu (kalau vaksin sudah tersedia), karena kemarin kan vaksin kosong. Jadi (ada anggapan) ah kemarin juga kosong. Jadi sekarang banyak sosialisasi lagi," kata dia.

"Mereka (masyarakat) sudah menerima (paham pentingnya vaksin). Sekarang seluruh petugas digerakkan untuk menggerakkan masyarakat," tutur Harizal.

Sementara, capaian vaksinasi secara keseluruhan di Majalengka masih terbilang rendah yakni di kisaran 37 persen. Hal itu dipicu sering kosongnya persediaan vaksin. Kelompok usia 12-17 tahun diketahui paling sedikit capaiannya.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: