Sejarah Kerajaan Sukapura Tasikmalaya dan Tokoh Besar di Balik Berdirinya

Azizah Refifa Aqsha ยท Rabu, 21 September 2022 - 13:31:00 WIB
Sejarah Kerajaan Sukapura Tasikmalaya dan Tokoh Besar di Balik Berdirinya
Masjid Agung Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya, salah satu bukti kejayaan Kerajaan Sukapura. (FOTO: ISTIMEWA/soekapoera.or.id)

JAKARTA, iNews.id - Sejarah Kerajaan Sukapura Tasikmalaya sangat erat hubungannya dengan Kabupaten Tasikmalaya. Sebelum berganti nama Kabupaten Tasikmalaya, daerah ini dikenal dengan nama Sukapura.

Kerajaan Sukapura yang berdiri di Manonjaya, Tasikmalaya, terbentuk dan diresmikan setelah perang antara Dipati Ukur dengan Raden Wirasangsa. Dipati Ukur diperangi lantaran dianggap memberontak terhadap kekuasaan Kerajaan Mataram.

Sejarah Kerajaan Sukapura Tasikmalaya 
Kerajaan Sukapura awalnya adalah umbul Sukakerta yang ibu kotanya Dayeuh Tengah. Umbul Sukakerta berada di bawah kekuasaan Kerajaan Mataram. Umbul Sukakerta ini dipimpin oleh Raden Wirawangsa.

Pada masa itu Dipati Ukur diperintahkan oleh Sultan Agung untuk menyerang Batavia bersama tentara-tentara Mataram yang dipimpin Tumenggung Bahurekso. Pada peperangan ini, Dipati Ukur membawa sembilan umbul termasuk Umbul Surakerta.

Dalam peperangan tersebut Dipati Ukur gagal membawa kemenangan. Karena itu, dia bersama sebagian tentaranya melarikan diri ke Gunung Pongporang di kawasan utara Bandung, dekat Gunung Bukit Tunggul, saat ini berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: