Ridwan Kamil Sebut Bank BJB Salurkan Dana PEN 2 Kali Lipat

Sindonews, Arif Budianto ยท Jumat, 23 Oktober 2020 - 10:37:00 WIB
Ridwan Kamil Sebut Bank BJB Salurkan Dana PEN 2 Kali Lipat
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjadi pembina upacara peringatan Hari Santri di Gedung Sate. (Foto ist).

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menyebut PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dua kali lipat. Hal tersebut mencatatkan penyaluran pembiayaan ini melebihi target.

“Bank BJB melebihi target (penyaluran dana PEN). Target per Desember menyalurkan Rp5 triliun. Dana dari (pemerintah) pusat Rp2,5 triliun, dana sendiri Rp2,5 triliun. Dana itu sudah habis. Performa penyalurannya sudah habis,” kata Ridwan Kamil, Jumat (23/10/2020).

Berdasarkan catatan perseroan per 18 Oktober 2020, Bank BJB sudah menyalurkan dana PEN sebesar Rp5,34 triliun. Artinya, target leverage 2 kali lipat sebesar Rp5 triliun telah terlampaui dalam hitungan kurang dari tiga bulan sejak gelontoran dana sebesar Rp2,5 triliun diterima perseroan pada akhir Juli 2020.

Angka realisasi kredit PEN Bank BJB hingga pertengahan Oktober itu mencapai 106 persen dari target.

Sejumlah sektor ekonomi produktif dan padat karya yang menjadi penerima dana PEN Bank BJB antara lain pertanian, industri pengolahan, konstruksi, dan perdagangan. Secara total, jumlah debitur yang beroleh stimulasi pembiayaan dari kucuran dana PEN Bank BJB ini lebih dari 10.000.


Editor : Faieq Hidayat