Ridwan Kamil Paparkan Inovasi Aksi Tali Intan di Kompetisi Pelayanan Publik 2021

Agung Bakti Sarasa ยท Selasa, 06 Juli 2021 - 11:22:00 WIB
Ridwan Kamil Paparkan Inovasi Aksi Tali Intan di Kompetisi Pelayanan Publik 2021
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan invoasi pertanian Aksi Tali Intan dalam video conference Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, Senin (5/7/2021). (Foto/Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan inovasi sektor pertanian dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Senin (5/7/2021). Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu memaparkan inovasi yang diberi nama Aksi Tali Intan yang merupakan kependekan Aksi Petani Perlindungan Tanaman.

Dalam ajang yang digelar secara virtual tersebut, Kang Emi mengatakan, ada beberapa urgensi yang melatarbelakangi inovasi Aksi Tali Intan, di antaranya kepedulian petani terhadap serangan hama penyakit yang dinilainya masih rendah. 

Di sisi lain, kata Kang Emil, serangan hama penyakit cukup tinggi 35 persen atau 170.858 hektare terhadap 10 komoditas. Maka, para petani menggunakan pestisida kimia karena dianggap memiliki daya bunuh tinggi, mudah aplikasinya, dan hasilnya cepat terlihat.

"Sepuluh komoditas sering terkena hama kemudian semuanya lari ke pestisida kimiawi," kata Kang Emil di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung. 

Meski begitu, ujarr Kang Emil, pestisida kimiawi mengakibatkan ekosistem dan lingkungan terganggu, kesuburan lahan menurun, dan kualitas produk tidak bagus karena mengandung residu.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: