Ridwan Kamil Optimistis TNI Polri Mampu Jaga Keamanan di Pilkada Jabar

Agus Warsudi, Sindonews ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 13:51 WIB
Ridwan Kamil Optimistis TNI Polri Mampu Jaga Keamanan di Pilkada Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Antara)

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 8 daerah di Provinsi Jawa Barat akan menggelar Pilkada serentak 2020. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku optimistis, Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi mampu mengamankan dan menjaga kondusivitas saat Pilkada.

"Setelah (pandemi) Covid-19 kepolisian bersama kami akan mengawal kebangkitan ekonomi dalam bulan-bulan ke depan. Mereka juga menjaga kondusivitas pilkada yang nanti bulan Desember akan dilaksanakan di delapan daerah," kata Kang Emil di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (1/7/2020).

Kang Emil menambahkan Polda Jabar mampu melaksanakan tugas mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 meski saat ini masih dalam kondisi pandemi virus Corona.

"Insya Allah, kepolisian (Polda) Jabar bisa melaksanakan dengan baik walaupun saat Covid-19 dan walaupun ekonomi ada sedikit kendala dalam helatan politik. Sejarahnya, tidak pernah ada permasalahan demokrasi di Jabar dari Pilgub dan Pilpres aman, dan terkendali," ucap dia.

Secara pribadi, gubernur menyebut seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar saat ini solid. Kesolidan tersebut, kata dia, dibuktikan dengan kegiatan bersama.

"Kami dites (diuji) dalam situasi yang sangat sulit dalam sejarah kepemimpinan masing-masing. Yaitu, berperang melawan musuh yang tidak terlihat yang namanya Covid-19. Kami juga menjaga hubungan dengan sangat baik, ya kami sepeda bareng, terus motoran bareng," ucap dia.


Editor : Faieq Hidayat